Jangan Berkelompok, Pedagang Pasar Wadai Ramadan Diminta Menyebar

terasbanua.com, Banjarmasin - Menjelang bulan Suci Ramadan 1442 Hijriah. Pemerintah Kota Banjarmasin memperbolehkan adanya kegiatan pasar wadai Ramadan dengan syarat harus menyebar.

Kepala Disbudpar Kota Banjarmasin, Ehsan El Haque menjelaskan mekanisme pasar wadai Ramadan tahun 2021. Foto : Hamdiah
Kepala Disbudpar Kota Banjarmasin, Ehsan El Haque menjelaskan mekanisme pasar wadai Ramadan tahun 2021. Foto : Hamdiah

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banjarmasin, Ehsan El Haque usai mengikuti pertemuan dengan paguyuban pedagang kuliner dengan jajaran Pemko Banjarmasin dan dipimpin langsung oleh Plh Wali Kota Banjarmasin, Mukhyar.


"Pemerintah kota hanya melarang diadakannya pasar wadai jika di satu tempat karena mereka banyak ratusan. Tapi kami memberikan saran dan masukan silahkan untuk menyebar saja dalam beberapa puluh lokasi. Jangan menumpuk," ucap Ehsan El Haque kepada awak media di Balai Kota Banjarmasin, Senin (22/3/2021) siang.


Kemudian lanjutnya "Kami sarankan mereka menyebar di lima wilayah kecamatan sekitar beberapa puluh titik jadi tidak ada pengelompokan-pengelompokan yang mengundang orang banyak."


Menurutnya keputusan tersebut diambil melalui pertimbangan-pertimbangan yang menjadi perhatian Pemko Banjarmasin kepada masyarakat.


"Artinya banyak pihak yang berharap dan bergantung dari kegiatan pasar wadai. Tidak hanya pedagang tapi di situ ada pekerjanya, ada tukang gerobaknya, ada tukang kebersihannya, ada pelayannya. Jadi tidak hanya melihat dari sisi pedagang saja," jelasnya.


Kendati demikian, Pemko Banjarmasin tidak menyediakan fasilitas untuk para pedagang di pasar wadai Ramadan.


"Kita tidak memperbolehkan pasar wadai itu menggunakan fasilitas milik pemerintah kota. Seperti sepanjang bahu jalan di Balai Kota kita tidak memperbolehkan. Kemudian di Taman Kamboja dan di Siring kita tidak memperbolehkan ada kegiatan pasar wadai," ujar Ehsan.


Dirinya juga mengarahkan kepada para pedagang yang ingin mengadakan pasar wadai Ramadan bisa bekerja sama dengan perusahan swasta atau lainnya untuk memfasilitasi.


"Nah solusinya anda menyebar di seluruh wilayah Kota Banjarmasin bekerja sama dengan pihak ketiga atau perusahaan atau masyarakat," pungkasnya.


Tentunya Pemko berharap kegiatan pasar wadai ramadhan nanti para pedagang dan pengunjung atau pembeli tetap memperhatikan protokol kesehatan.


"Kita sarankan mencari puluhan titik yang satu titiknya hanya diisi empat orang pedagang saja. Tapi tetap ada kehadiran satgas untuk memantau bagaimana penerapan protokol kesehatan," tuturnya.


(Hamdiah)

2 tampilan0 komentar