Jadi Tuan Rumah Kejurnas Karate Tradisional Piala Menpora, Kalsel Optimis Toreh Prestasi

terasbanua.com, Banjarmasin - Ratusan peserta mengikuti Kejuaran Nasional (Kejurnas) Karate Tradisional Piala Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) CUP IX Tahun 2022.



Kejurnas Menpora CUP IX ini dibuka langsung oleh Ketua Federasi Karate Tradisional Indonesia atau FKTI Koordinator daerah (Korda) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Ibnu Sina yang dilaksanakan di Aula SMKN 3 Banjarmasin, Sabtu (25/6/2022).


"Alhamdulillah Kota Banjarmasin jadi tuan rumah yang mana ini merupakan event pertama setelah pandemi," ucap Ibnu.


Orang nomor satu di Kota Banjarmasin ini berharap melalui pergelaran seperti ini bisa melahirkan karate-karate tradisional yang berprestasi secara nasional hingga internasional.


Adapun pemenang dalam Kejurnas ini akan dikirim untuk berkompetisi di kejuaran internasional di Brazil nantinya.


"Kita masih ingat, Isra dan Fauzan mereka adalah juara-juara dunia yang berhasil mengharumkan nama Kalsel dan nama Kota Banjarmasin di event internasional," tuturnya.


Mengingat perwakilan Kalsel pernah menjuari ajang kompetisi karate internasional. Tentunya pihaknya optimis Kalsel kembali melaju sampai kejuaran internasional lagi.


"Mudah-mudahan ada yang bisa berangkat kejuaran karate tradisional di Brazil di bulan November 2022 nanti," tutupnya.


Sementara itu, Ketua Panitia Kejurnas Karate Tradisional Piala Menpora CUP IX Tahun 2022, Mustafa mengatakan bahwa ada 12 Kontingen dari berbagai daerah yang mengikuti Kejurnas ini.


"Kita sangat bersyukur sekali atas antusias dari berbagai daerah. Walaupun dalam kondisi pandemi ini mereka tetap berhadir ikut kejurnas," terangnya.


Seharusnya ada 19 Federasi Karate Tradisional Indonesia (FKTI) Koordinator daerah (Korda) yang mengikuti kejurnas ini.


Namun karena ada beberapa daerah yang harus mengeluarkan biaya cukup besar untuk bisa datang kejurnas kali ini. Mereka pun meminta untuk di pending.


"Kita memaklumi itu," ujarnya.


Selain optimis bisa menyukseskan pelaksanaan kejurnas, pihaknya juga optimis atlet karate dari Kalsel bisa kembali menoreh prestasi internasional.


"Kita siapkan terus dan melalui kejurnas ini kita jaring mereka. Semoga pandemi saat ini tidak menghalangi keberangkatannya nanti," harapnya.


Hamdiah

3 tampilan0 komentar