Jadi Rutinitas Tahunan, DLH Sudah Bersiap Bersihkan Jika Ada Pampangan Sampah Kiriman

terasbanua.com, Banjarmasin - Sampah kiriman dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan (Kalsel) sudah menjadi problem tahunan yang dihadapi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin.


Plt Sekretaris DLH Kota Banjarmasin, Marzuki

Membersihkan pampangan sampah yang hanyut di sungai Martapura sudah menjadi rutinitas tahunan yang dilakukan DLH Kota Banjarmasin.


Dimana biasanya sampah kiriman tersebut sering tersangkut di bawah jembatan. Terutama di jembatan Pangeran Antasari dan jembatan Pasar Lama.


Hingga menyebabkan penguna lalu lintas sungai seperti transportasi kelotok maupun jukung kesulitan untuk melintas. Karena Sungai Martapura di sekitaran jembatan tersebut tertutup oleh pampangan sampah.


"Sudah biasa jadi kami siap selalu untuk membersihkan dibantu dengan SKPD terkait terutama Dinas PUPR," ucap Plt Sekretaris DLH Kota Banjarmasin, Marzuki, Rabu (22/12/2021).


Menurutnya memang saat memasuki musim penghujan fenomena tahunan ini sudah pasti terjadi. Sehingga para petugas kebersihan dari DLH sudah bersiap untuk membersihkan pampangan sampah jika terjadi.


"Ya biasanya kalau musim penghujan dengan curah hujan tinggi pasti kita membersihkan pampangan yang ada di bawah jembatan," ungkap Jack sapaan akrabnya.



Untuk saat ini diakui Jack bahwa masih belum ada pampangan sampah kiriman di dua jembatan yang biasanya menjadi langganan.


Meskipun begitu, pihaknya sudah mulai melakukan antisipasi awal untuk mengurangi potensi terjadi pampangan sampah kiriman. Agar lalu lintas di sungai tidak terganggu karena hal tersebut.


"Untuk saat ini belum ada. Mudah-mudahan tidak ada karena masih lewat saja sampah kiriman itu dan kita juga coba bersihkan dengan kapal sapu-sapu agar tidak menumpuk," akhirnya.


(Hamdiah)

4 tampilan0 komentar