Jadi Prioritas, Pemko Banjarmasin Terus Sosialisasikan Pelayanan Publik Smart City Kepada Masyarakat

terasbanua.com, Banjarmasin - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin menggelar kegiatan Sosialisasi Revisi Master Plan Smart City Kota Banjarmasin di Aula Kayuh Baimbai Balai Kota Banjarmasin, Rabu (23/2/2022).



Dalam kegiatan ini juga sekaligus mengelar rapat awal Tim Dewan serta Tim Pelaksana Smart City Kota Banjarmasin Tahun 2022.


Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina ingin melalui kegiatan yang digelar hari ini, program smart city di Kota Banjarmasin bisa terbenahi dengan baik agar bisa memberikan pelayanan yang cepat dan mudah kepada masyarakat.


Mengingat pelayanan publik berbasis smart city ini sendiri merupakan salah satu dari tiga prioritas pembangunan di Kota Banjarmasin saat ini.


"Jadi intinya adalah apa yang kita lakukan terkait program smart city ini bukan untuk gagah-gagahan. Tapi betul-betul membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," ucapnya sesuai acara.


Ibnu mengungkapkan bahwa salah satu komponen smart city ialah smart goverment  telah disiapkan Pemko Banjarmasin sebelumnya.


Namun diakuinya, dari masyarakat sendiri masih banyak yang belum memahami akan penggunaan pelayanan publik berbasis online.


"Contohnya seperti aplikasi E-Kelurahan kan sudah kita launching lama. Tapi yang mengunakan hanya sedikit, padahal lebih mudah mengunakan itu. Mereka memilih mengurus langsung ke tempat seperti mengurus perizinan dan lainnya. Padahal cukup sebetulnya dengan itu," paparnya.


Maka dari itu, pihaknya terus lakukan sosialisasi di tengah masyarakat mengenai pelayanan dengan cepat dan mudah berbasis smart city. Agar masyarakat tahu dan mau mengunakan.


"Di kantor perizinan kita siapkan Counter khusus untuk online. Orang datang diajarkan mengunakan itu. Walaupun sebenarnya bisa di rumah, tapi kita edukasi mereka salah satunya itu," terangnya.


Dengan begitu, Pemko Banjarmasin akan menyiapkan seluruh perangkat infrastruktur dalam membangun ekosistem smart city di Banjarmasin.


"Minimal SKPD sudah paham semua, siap memberikan layanan dan masyarakat memanfaatkan layanan itu," akhirnya.


(Hamdiah)

4 tampilan0 komentar