Iuran Aneh Peringatan HKN, Kadinkes Berdalih Bahwa Itu Hanya Sumbangan Sukarela

terasbanua.com, Banjarmasin - Ramai jadi perbincangan hangat, usai adanya kabar iuran aneh yang diminta oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin kepada berbagai pihak untuk memeriahkan puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) pada 12 November 2021 lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi. Foto Hamdiah.

Saat dikonfirmasi awak media mengenai iuran tersebut Kepala Dinkes Kota Banjarmasin, Machli Riyadi berdalih bahwa iuran itu hanyalah sumbangan sukarela yang telah disepakati bersama untuk membeli baju seragam dalam peringatan HKN.


"Karena tidak punya anggaran maka panitia sepakat bersama seluruh kepala puskesmas, direktur rumah sakit dan lainnya urung rembuk mengumpulkan uang Rp 100 ribu untuk membeli baju," ucapnya saat ditemui awak media di Lobby Balai Kota Banjarmasin, Senin (15/11/2021).


Lebih lanjut, Machli menjelaskan bahwa kumpulan uang Rp. 100 ribu itu hanya diminta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) saja.


"Yang disepakati untuk membayar itu hanya pegawai negeri. Kalau bukan pegawai negeri dari perkumpulan itu dibelikan lah mereka. Artinya membeli baju itu seluruhnya mendapat baju dari kesepakatan yang atur panitia," terang Machli.


Adapun nominal yang telah ditentukan dan tercantum dalam Surat Edaran (SE) Permohonan Dinkes dalam meminta iuran tersebut. Machli mengelik bahwa itu hanya target harapan yang diinginkan dan tidak ada unsur paksaan iuran yang minta.


"Tidak benar, itu fitnah. Faktanya dapatnya tidak segitu. Ini hanya target harapan yang diinginkan dari proposal itu. Orang menyumbangkannya juga tidak ada unsur paksaan tapi itu hanya sukarela," kelit Machli.


Machli juga membeberkan bahwa tidak semua sumbangan yang diterima pihaknya berupa uang saja, tapi juga ada sumbangan berupa barang. Sumbangan dalam bentuk barang itu sendiri kebanyakan dari sumbangan apotek, toko obat, dan klinik.


"Tidak semua mewajibkan itu. Bahkan lebih banyak barang yang kita terima dan kita bagi-bagikan sebagai doorprize," akhirnya.


(Hamdiah)

58 tampilan0 komentar