• Krisna

Instruksi Kapolri, Polsek Banjarmasin Selatan Turun Berantas Preman

terasbanua.com, Banjarmasin - Kepolisian Indonesia kini tengah gencar melakukan penangkapan dan upaya penindakan hukum terhadap para pelaku aksi premanisme dan pengambil pungutan liar alias pungli yang dinilai meresahkan masyarakat.

Begitu juga di Kota Banjarmasin, menanggapi instruksi dari Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo Jajaran Polresta Banjarmasin dari Satuan Reserse Kriminal bersama Polsekta Banjarmasin Selatan mengamankan sebanyak lima orang yang diduga melakukan pengaturan liar di salah satu SPBU. Minggu (13/6/2021) kemarin.


"Operasi ini dilakukan menindak lanjuti Intruksi dari Kapolri untuk membasmi maupun memberantas aksi premanisme maupun tindak kejahatan lainnya yang meresahkan masyarakat," ucap Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawana didampingi Kasat Reskrim Polresta Banjarmasin Kompol Alfian Tri Permadi. Senin (14/6/2021).


Dalam pelaksanaannya, personel Polsekta Banjarmasin Selatan langsung melaksanakan operasi di wilayah hukum Polsekta Banjarmasin Selatan yang mana beberapa personel berpakaian preman melakukan pengawasan terhadap kegiatan masyarakat.


"Dari hasil giat tersebut kita amankan beberapa orang yang diduga melakukan pengaturan liar baik di SPBU Ukhuwah dan Jalan Simpang Empat Gerilya," terang Kapolres.


Lima orang yang diamankan tersebut berinisial MB (37) warga Jalan Gerliya Gang Bambu Kelurahan Kelayan Timur, AKK (36) Warga Jalan Gerliya Gang Bambu Kelurahan Kelayan Timur, MA(27) Jalan Prona 1 Gang Pelangi  Kelurahan Pemurus Baru, AD (55) warga Jalan Prona 1 Gang Pelangi Kelurahan Pemurus Baru dan HR(17) juga warga Jalan Prona 1 Pemurus Baru.


"Dari hasil introgasi dan penyelidikan kelima orang tersebut belum ditemukan peristiwa pidana karena belum ada korban yang menyerahkan uang kepada para preman tersebut atau belum ada kerugian," ungkap Kombes Pol Rachmat Hendrawana.


Untuk mencegah kejadian yang sama terjadi lagi dan ada korban, pihak Kepolisian kemudian melakukan pendataan kepada orang orang yang merupakan bagian dari kelompok mereka untuk melakukan pengawasan lebih lanjut.


"Kita lakukan pembinaan dan pendataan terhadap orang orang yang diamankan tersebut untuk di identifikasi dan diawasi untuk tidak melakukan kegiatan pungli kembali," jelasnya.


"Dan selanjutnya kami tetap melakukan kegiatan rutin kembali untuk menekan aksi premanisme di wilayah hukum Polsekta Banjarmasin Selatan," lanjutnya.


Kapolres juga mengimbau masyarakat yang menjadi korban atau melihat dan mendengar aksi premanisme atau pemungutan liar silakan segera melapor ke Polresta Banjarmasin atau ke polsek terdekat dan bisa juga menghubungi call center 110.


"Kami mengimbau kepada masyarakat, apabila menjadi korban atau melihat dan mendengar aksi premanisme silakan laporkan ke polresta atau ke polsek terdekat, kami siap melayani," imbaunya.


(Krisna)

7 tampilan0 komentar