Insentitas Hujan Tinggi, Sejumlah Kawasan Banjarmasin Tergenang Banjir Cukup Tinggi

terasbanua.com, Banjarmasin - Akibat hujan deras disertai angin kencang dini hari tadi, Rabu (8/12/2021). Membuat sejumlah kawasan permukiman warga di Banjarmasin tergenang banjir.

Ket foto : Kondisi banjir yang terjadi di kawasan permukiman warga pinggiran sungai di Sungai Lulut. Terlihat anak-anak bermain di genangan banjir.

Satunya diantaranya di permukiman warga di bantaran sungai di kawasan Sungai Lulut, Banjarmasin Timur yang sudah terendam banjir sejak tiga hari terakhir ini.


Dari pantauan jurnalis terasbanua.com ke lokasi, kondisi banjir sudah mulai berangsur surut. Banyak anak-anak di kawasan tersebut bermain ria dengan genangan air di jalan.


Ahmad Yani satu warga di kawasan tersebut mengaku, bahwa banjir yang terjadi hari ini merupakan banjir tertinggi dibandingkan hari-hari sebelumnya.


"Ketinggian banjir kali ini sekitar 30-40 sentimeter. Sedikit lagi masuk rumah" ucapnya saat diajak berbincang-bincang oleh jurnalis terasbanua.com, Rabu (8/12/2021).


Ia menuturkan bahwa air mulai pasang dan meninggi terjadi sekitar pukul 12 malam dan kembali surut menjelang sore.


Dibandingkan awal tahun lalu, banjir rob kali ini masih terbilang tidak terlalu parah seperti sebelumnya.


"Cepat saja surutnya, beda awal tahun berhari-hari baru surut," tuturnya.


Meskipun begitu, tetap saja ia merasa khawatir. Jika banjir terulang kembali seperti awal tahun lalu.


Banjir dengan ketinggian cukup parah juga terjadi di Jalan Prona 1, Kelurahan Pemurus Baru, Banjarmasin Selatan.

Ketinggian genangan banjir yang berada di gang-gang kawasan Prona 1 hampir selutut orang dewasa atau mencapai 50 sentimeter. Tentunya banjir tersebut cukup menyulitkan warga dalam beraktivitas dalam sehari-hari.


Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memprediksi bahwa akan terjadi cuaca ekstrem yakni hujan lebat disertai petir dan angin kencang dari tanggal 7 hingga 9 Desember. Diketahui, itu lah puncak terjadinya fenomena La Nina.


(Hamdiah)

6 tampilan0 komentar