Ini Pesan Adi Rudi Latif Kepada Umat Kepercayaan Kharingan Indonesia

terasbanua.com, Kotabaru - Wakil Bupati Kabupaten Kotabaru Andi Rudi Latif, berpesan agar Majelis Umat Kepercayaan Kaharingan Indonesia (MUKK-I) dapat senantiasa mengayomi seluruh umat Kaharingan serta selalu menjaga kekompakan dan kebersamaan umat.


Peresmian Kantor Dewan Musyawarah Pusat, oleh Umat Kharingan Indonesia

Hal ini disampaikannya pada saat menghadiri hari Kepercayaan Kaharingan ke 4, sekaligus meresmikan kantor Dewan Musyawarah Pusat (DMP) di Kecamatan Hampang, Senin (13/12/2021).


Menurutnya, Indonesia memiliki kekayaan yang patut disyukuri, keanekaragaman yang terdiri dari suku bangsa memiliki perbedaan satu dengan lainnya dalam bingkai NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.


Kepercayaan Kaharingan yang ada di Indonesia termasuk Kotabaru yang menambah kemajemukan di masyarakat.


"Kami dari pemerintah daerah sangat mengapresiasi dan menyambut baik. Peringatan kesyukuran ini merupakan bentuk syukur khususnya umat Kaharingan yang telah diakui keberadaannya dan mendapat pengakuan oleh pemerintah," ujarnya.


Pada kesempatan ini, Wabup Kotabaru juga berpesan agar Kantor DMP MUKK-I yang baru diresmikan dapat dipergunakan serta dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan umat.


Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru, Syairi Mukhlis, sangat mengapresiasi kegiatan hari ini.


Ia menjelaskan, DPRD saat ini sudah membuat terobosan perda yang sudah ditetapkan yaitu pembinaan terhadap Adat Dayak.


"Perda ini dapat dibedah dan dari situlah anggaran dapat mengalir," kata Syairi.


Ditambahkannya, DPRD akan terus mendukung apa yang diinginkan selama masih dalam koridor yang diatur. "Insya Allah kita akan selalu support," ucapnya.


Ketua Umum Dewan Musyawarah Pusat Majelis Umat Kepercayaan Kaharingan Indonesia, Sukirman, mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah dan pihak perusahaan khususnya PT Jhonlin yang sudah membantu menyediakan tempat untuk umat Kaharingan di Kalimantan.


"Kami mengucapkan terimakasih sedalam-dalamnya karena pada usiannya ke 4 tahun ini ada pihak ketiga dengan ikhlas memberikan tempat bagi umat kaharingan di wilayah Kalimantan,"tuturnya.


Acara dilanjutkan dengan pemotongan pita dan juga tumpeng oleh wakil Bupati, tanda diresmikannya Kantor Dewan Musyawarah Pusat yang dihadiri langsung oleh perwakilan Forkopimda, Ketua Presedium majelis luhur kepercayaan Indonesia, dan Ketua Dewan Adat Dayak Kotabaru.


(Her)

3 tampilan0 komentar