Ibu-Ibu Muslimah Mesjid At-Taqwa Tutup Ramadhan Dengan Khatam Al-quran

terasbanua.com, Banjarmasin - Selain menjalankan ibadah puasa dari pagi hingga petang, banyak amalan ibadah lainnya yang sering dilakukan umat islam di bulan suci Ramadhan. Salah satunya membaca ayat Al-quran.



Kesempatan untuk mendapat pahala besar dari amalan membaca Al-quran dalam momentum bulan penuh berkah ini pun tidak dilewatkan begitu saja oleh ibu-ibu yang bertempat tinggal tak jauh dari Mesjid At-Taqwa.


Dalam sebulan penuh, ibu-ibu yang terkumpul dari Muslimah Mesjid At-Taqwa ini menjalankan amalan membaca Al-quran hingga Khatam.


Ketua Muslimah Mesjid At-Taqwa, Hj. Kurratul Hizadiyah mengungkapkan di tahun ini ibu-ibu sangat antusias mengikuti tadarus Al-quran dan mengalami peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.


"Sekarang ibu-ibu lebib semangat mengikuti tadarus hingga selesai dan khatam di hari ini," ucapnya kepada jurnalis terasbanua.com, Sabtu (30/4/2022) kemarin.


Meskipun sudah khatam Al-quran di penghujung bulan suci Ramadhan ini, pihaknya berencana akan tetap melaksanakan kegiatan tadarus di Mesjid At-Taqwa sehabis Ramadhan.


"Insya Allah setelah bulan Ramadhan ini kita lanjut lagi melaksanakan tadarus terus-menerus," ujarnya.


Sementara itu, Zain Gunaidi, Ustadz Pembimbing Tadarus Al-quran Muslimah Mesjid At-Taqwa mengapresiasi ibu-ibu yang telah bersemangat mengisi aktifitas harian selama Ramadhan dengan mengikuti tadarus Al-quran.


"Sehabis shalat subuh, pembacaan ceramah, kemudian lanjut tadarus bersama ibu-ibu yang setiap harinya itu membaca ayat Al-quran sebanyak 1 juz," ungkapnya.


Ia menjelaskan sebagaimana hadist riwayat Ibnu Mas'ud. Keutamaan amalan membaca Al-quran ataupun tadarus ini menjanjikan 10 kebaikan.


"Kata Nabi barang siapa yang membaca satu huruf kitab Allah maka akan mendapat 10 kebaikan," ujarnya.


Apalagi di bulan suci Ramadhan semua amalan ibadah yang dilakukan akan diganjar pahala berlipat ganda.


"Hal itu lah salah satu yang memicu umat islam bersemangat menjalankan berbagai amalan ibadah selama Ramadhan," katanya.


Ia berharap kegiatan tadarus Al-quran ini bisa terus dilaksanakan setiap tahunnya oleh masyarakat terutama ibu-ibu yang tergabung dalam Muslimah Mesjid At-Taqwa.


"Insya Allah lebih baik lagi, istiqamah dan mudah-mudahan panjang umur dan ketemu Ramadhan yang akan datang," akhirnya.


(Hamdiah)

27 tampilan0 komentar