Ibnu Sina Sempat Geram Warga Masih Buang Sampah di TPS Pasar Kuripan, Sekarang Bersih Tanpa Sampah

terasbanua.com, Banjarmasin - beberapa waktu Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina sempat geram dengan tindakan warga Kota Banjarmasin yang masih saja membuang sampah di bekas tempat penampungan sementara (TPS) sampah Pasar Kuripan.

Padahal di lokasi TPS tersebut sudah dipasangan berupa pengumuman larangan untuk membuang sampah. Namun masih saja ada warga nakal yang membuang sampah di TPS tersebut.


Selain itu, menurutnya petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin sudah menjalankan tugasnya dengan menjaga di eks-TPS tersebut di malam hari.


"Informasi dari DLH TPS tersebut, malam masih dijaga. Ternyata setelah subuh banyak yang buang sampah," katanya.


Maka dari itu ia berharap agar seluruh warga kota Banjarmasin untuk tidak lagi membuang sampah di TPS Pasar Kuripan.


"Saya minta tolong pada warga untuk mematuhi peraturan yang dan lokasi pembuangan sampah sudah dipindah ke TPS eks Pasar Buah," tegasnya.


Tak tanggung-tanggung untuk memastikan warga kota Banjarmasin tidak membuang sampah kembali. Pihaknya telah memasang CCTV dan langsung memberikan sanksi kepada oknum yang masih membuang sampah.


"Kita pasang CCTV. Jadi kalau ada yang buang sampah langsung kita yustisi saja dan dikenakan tindak pidana ringan (Tipiring) karena anggapannya itu sudah masuk TPS liar," tegasnya.


Hal senada juga disampaikan, Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan dan Pengelolaan Sampah, DLH kota Banjarmasin, Marzuki.


Menurutnya, pemasangan CCTV tersebut salah satu opsi yang akan diambil Pemko Banjarmasin untuk menciduk oknum warga yang main kucing-kucingan dengan petugas tadi. Agar bisa diberi efek jera.


"Karena, oknum ini selalu mengambil kesempatan ketika petugas kita tidak berjaga. Karena itu, salah satu pilihan untuk menciduk warga tersebut dengan memasang CCTV," ungkapnya ketika dikonfirmasi awak media melalui sambungan telepon.


Selain itu, pihaknya juga mendirikan tenda sebagai pos pemantauan untuk memaksimalkan penjagaan di kawasan yang tepat berada di samping Pasar Kuripan tersebut. Diketahui ada 6 petugas yang berjaga dalam tiga shift dengan masing-masing 8 jam selama seminggu.


"Sebenarnya petugas kita sudah berjaga. Tapi karena sekarang mulai masuk musim penghujan makanya kita dirikan lagi tenda di sana untuk berjaga sampai subuh," tukasnya.


Adapun bagi kedapatan yang membuang sampah di TPS tersebut, pihaknya sudah menginstruksikan petugas yang berjaga di sana untuk menegur oknum yang bersangkutan agar tidak membuang sampah di lokasi tersebut.


"Kalau masih ngeyel, mereka (petugas penjaga TPS) kami minta untuk mendokumentasikannya baik dalam bentuk foto dan video. Dan itu akan kita jadikan bukti dan diserahkan kepada petugas Satpol PP untuk ditindak," tandasnya.


"Jangan berpikir ada petugas yang mengambil. Lalu semaunya membuang sampah ke sana. Sekali lagi kami menegaskan kalau TPS Pasar Kuripan sudah ditutup operasionalnya," tuntasnya


Berdasarkan hasil pantauan terasbanua.com, Kamis (9/9/2021) pagi. eks-TPS Pasar Kuripan tersebut sudah bersih dari sampah-sampah.


Tentunya tindakan-tindakan yang telah dilakukan Pemko Banjarmasin sejauh ini sudah sangat bagus. Pasalnya telah berdampak dan tidak ada lagi warga yang membuang sampah di TPS tersebut.


Diketahui, di kawasan eks-TPS Pasar Kuripan rencananya akan dibuat taman untuk mempercantik lokasi tersebut. Namun masih menunggu dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan di proses.


(Hamdiah)

4 tampilan0 komentar