Ibnu Sina Himbau Warga Tetap Patuhi Prokes, Meskipun Pandemi Covid-19 Melandai

terasbanua.com, Banjarmasin - Seiring dengan menurunnya tren kasus pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia terutama di Kota Banjarmasin.



Makin banyak ditemukan warga yang sudah mulai kendor untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) seperti pengunaan masker saat keluar rumah ataupun berpergian.


Adanya fenomena tersebut, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina pun menghimbau masyarakat untuk tetap mematuhi prokes. Walaupun kasus Covid-19 sudah sangat melandai sekarang.


Mengingat situasi sekarang ini, Indonesia belum benar-benar dinyatakan bebas dari pandemi Covid-19.


"Apalagi sampai hari ini kita masih berstatus PPKM level 3 artinya tetap dihimbau patuhi prokes," ucap Ibnu Sina, Sabtu (14/5/2022).


Memang diakuinya di beberapa kesempatan masih diberikan kelonggaran terhadap penerapan prokes. Namun dengan syarat asalkan masyarakat sudah melakukan vaksinasi.


Pasalnya, vaksinasi merupakan salah satu upaya dalam mengurangi resiko terjangkitnya virus Covid-19 di samping penerapan prokes.


"Makanya sekarang ini kita terus optimalkan program vaksinasi di tengah masyarakat. Dari vaksin satu, dua hingga booster," ungkapnya.


Adapun terkait pelaksanaan kegiatan yang mengumpulkan orang dalam jumlah banyak. Dirinya meminta pada pelaksanaan kegiatan tersebut tetap mengedepankan prokes.


Diketahui, sekarang ini capaian vaksinasi keseluruhan di kota berjuluk Seribu Sungai sudah mencapai 90 persen ke atas.


Di samping itu, Pemerintah Kota (Pemko) terus gencarkan vaksinasi pada lanjut usia dan anak usia yang memang hingga sekarang ini masih rendah.


(Hamdiah)

7 tampilan0 komentar