HUT Damkar 103, Wali Kota Banjarmasin Tekankan Edukasi Pencegahan Bencana

terasbanua.com, Banjarmasin - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengikuti kegiatan HUT Damkar Ke-103 secara virtual yang berlangsung di Aula Kayuh Baimbai Balaikota Banjarmasin, Selasa (1/3/2022).



Kegiatan tersebut dipimpin oleh, Direktur Jenderal Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan (Dirjen Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Safrizal ZA, dan dihadiri secara virtual oleh, PLT Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banjarmasin, Ahmad Muzayin serta jajaran.


Dalam kegiatan itu, Ibnu Sina mengucapkan selamat dirgahayu pemadam kebakaran dan penyelamatan Republik Indonesia HUT yang ke 103 Tahun 2022, sesuai dengan amanat Mendagri menyampaikan pentingnya tugas dasar Pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat termasuk dalam kedua hal diatas.


"Dinas Damkar kota Banjarmasin sebagai satu dari 105 Dinas Damkar se-Indonesia, tidak semua kabupaten kota sudah ada dinas Damkar. Alhamdulillah kota Banjarmasin sudah sesuai dengan Permendagri 16 tahun 2020 sudah ada dinas khusus yang menangani persoalan pemadam kebakaran dan penyelamatan," ucap Ibnu Sina.


Ia berharap dari hadirnya Dinas Damkar bisa membina relawan Damkar yang tersebar di seluruh kota Banjarmasin baik dalam bentuk BPK, PMK balakar, emergency dan lain sebagainya.


"Mudah-mudahan dengan di launchingnya relawan pemadam kebakaran tersebut bisa bergabung dan silahkan mendaftarkan sesuai dengan amanat dari Permendagri serta akan diberikan pembinaan dan pembiayaan," bebernya.


"Jadi, kami berharap ini bisa terus ditingkatkan dan terima kasih serta penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh relawan pemadam kebakaran yang hari ini dan hari-hari sebelumnya sudah berjuang untuk membantu masyarakat ketika terjadi musibah pemadam kebakaran khususnya di Kota Banjarmasin," sambungnya.


Kemudian, Ibnu Sina menyampaikan edukasi terkait mencegah terjadinya bencana sangatlah penting untuk diberikan kepada masyarakat khususnya di mulai dari anak didik sejak dini tentang potensi yang bisa membahayakan baik dalam bentuk musibah kebakaran banjir maupun musibah yang lain.


"Tentu ada tugas lain yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat yang mudah-mudahan tidak terjadi kebakaran, mencegah memang lebih baik, Ketika harus terjadi jadi memang diberikan seperti itu diantaranya juga adalah kompetensi petugas kita baik dalam bentuk diklat-diklat dan juga kompetensi harus dimiliki dan memberikan pembinaan kepada masyarakat," pungkasnya.


(Diskominfotik/Hamdiah)

10 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua