HSS dan HST Banjir, Banjarmasin Bersiap Naikkan Status Siaga Bencana Darurat Banjir

terasbanua.com, Banjarmasin - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin akan segera menaikkan status Siaga menjadi Siaga Darurat Bencana Banjir di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Keputusan tersebut diambil setelah melihat kondisi cuaca saat ini yang tak menentu serta beberapa wilayah di Kalsel yang sudah mulai dilanda bencana banjir.


Bahkan saat ini di Kabupaten tetangga di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) tengah mengalami musibah banjir saat ini.


"Karena itu jadi warning bagi kita yang ada di Banjarmasin untuk bisa mengantisipasi resiko terjadinya banjir," ucapnya Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina kepada awak media, Rabu (17/11/2021).


Hal tersebut lah yang memicu pihaknya untuk menaikkan status bencana di Banjarmasin untuk berjaga-jaga.


Pasalnya, menurut Ibnu dari laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin di lapangan baru-baru. Terlihat bahwa kota Banjarmasin juga ada kemungkinan meningkatnya resiko terjadi banjir.


"Tadi baru saja Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin melaporkan kalau wilayah kita harus menaikkan statusnya jadi Siaga Darurat," ungkapnya.


Meskipun telah mantap untuk memutuskan kenaikan status bencana di Banjarmasin. Ibnu Sina mengaku masih belum menandatangani surat resmi penetapan status kebencanaan itu.


"Kita masih menunggu surat resminya. Yang jelas BPBD sudah mengajukan ke kita untuk menaikkan status bencana di Banjarmasin. Kalau sudah resmi ditetapkan, kemungkinan itu berlaku seminggu, 10 hari atau bisa juga dua minggu. Tergantung dari kondisi alam di tempat kita," terangnya.


Dirinya juga meminta seluruh pihak terutama yang terlibat dalam kesiapan menghadapi bencana untuk terus siap siaga jika memang terjadi bencana banjir di Banjarmasin.


"Ini dilakukan untuk memastikan seluruh instrumen sumberdaya untuk penanganan bencana banjir betul-betul sudah siap," pungkasnya.


Adapun upaya dalam menanggulangi bencana banjir di Banjarmasin saat ini terus gencar dilakukan pihaknya. Salah satunya program normalisasi sungai yang telah dilakukan sejak awal tahun 2021 lalu.


Tak hanya itu, pembersihan saluran drainase dari sampah juga terus dilakukan agar saluran air tidak tersumbat dan menyebabkan air merendam ke jalan.


"Kita berharap dengan upaya yang sudah kita lakukan ini bisa mengurangi dampak genangan banjir. Mudah-mudahan tidak separah banjir seperti awal tahun kemarin," akhirnya.


(Hamdiah)

2 tampilan0 komentar