Hore! di Banjarmasin, PTM Mulai Dilaksanaan Senin Nanti

terasbanua.com, Banjarmasin - Rencana Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di Banjarmasin akan dilaksanakan kembali mulai Senin (20/9/2021) nanti.

Siswa SMP Negeri 4 Banjarmasin mengikuti PTS (Penilaian Tengah Semester) di kelas beberapa waktu lalu.

Rencana tersebut berdasarkan dari Surat Edaran (SE) yang baru saja dikeluarkan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin, pertanggal (17/9/2021) tentang pelaksanaan kembali PTM tahun 2021/2022.


Seperti diketahui, pelaksanaan PTM terbatas nanti akan gelar secara serentak pada seluruh jenjang pendidikan di bawah naungan Disdik Kota Banjarmasin. Baik itu PAUD, SD, dan SMP.


Alasan kembalinya memberlakukan PTM di Banjarmasin. Tak lain yakni kasus Covid-19 yang terus menurun dan pada akhirnya kota Banjarmasin pun berada pada PPKM level 3.


Dalam SE tersebut terdapat beberapa ketentuan yang harus dipatuhi setiap sekolah. Tentunya ketentuan tersebut merupakan rekomendasi Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Banjarmasin dan SKB 4 Menteri.


Adapun ketentuan tersebut yakni sekolah yang boleh melaksanakan PTM hanya sekolah yang berada pada zona hijau dan zona kuning.


Sekolah yang disetujui untuk melaksanakan PTM juga harus mempunyai capaian

vaksinasi guru lebih dari 80%.


Kapasitas kelas diisi hanya 50% dari jumlah siswa di kelas. Selain itu, di lingkungan sekolah juga wajib menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.


Kantin di sekolah dilarang buka dan siswa diminta untuk membawa bekal sendiri dari rumah.


Durasi proses belajar mengajar di sekolah setiap harinya tidak boleh lebih dari 3 jam. Dimana siswa yang mengikuti PTM benar-benar dalam kondisi sehat. Adapun yang sakit maka dilarang mengikuti PTM di sekolah.


Selain itu, sekolah juga wajib memantau perkembangan kesehatan siswa selama mengikuti PTM. Apabila ditemukan ada siswa yang bergejala mirip Covid-19 agar segera berkoordinasi dengan puskesmas terdekat.


Apabila dalam pelaksanaan PTM ditemukan kasus konfirmasi Positif Covid-19

di Satuan Pendidikan, maka sekolah wajib menghentikan PTM selama minimal

3 (tiga) hari untuk melaksanakan strerilisasi.


Sebelumnya, Kepala Disdik Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto, juga telah mengisyaratan bahwa pelaksanaan PTM tidak akan lama lagi akan digelar kembali.


"Karena posisi Banjarmasin sudah level 3, maka kita lanjutkan PTM nya sebagaimana komitmen Pak Wali," ucapnya beberapa waktu lalu.


(Hamdiah)

1 tampilan0 komentar