Hipertensi, Diabetes Melitus, dan Ispa, Menjadi Trend Penyakit Tertinggi di Banjarmasin.

terasbanua.com, Banjarmasin - Hipertensi, Diabetes Melitus, dan Ispa merupakan trend penyakit dengan angka tertinggi di kota Banjarmasin.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi. Foto : Hamdiah
Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi. Foto : Hamdiah

"Trend penyakit yang ada di Banjarmasin tentu berbeda dibanding Kabupaten/Kota lainnya, di Kota Banjarmasin trend penyakitnya tertinggi adalah Hipertensi, Diabetes Melitus (DM) dan ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut)," ucap Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Dr. Machli Riyadi kepada jurnalis terasbanua.com, Senin (22/2/2021) sore.


Dari tiga penyakit tersebut, diakui Machli penyakit Hipertensi atau biasa disebut darah tinggi menjadi trend penyakit nomor satu di kota Banjarmasin.


"Hipertensi itu penyakit tertinggi di Banjarmasin," ujarnya.


Menurut Machli, yang menyebabkan ada adanya trend ketiga penyakit tersebut karena pola hidup masyarakat kota Banjarmasin ini condong ke perilaku konsumtif.


"Ketiga penyakit tersebut menunjukkan bahwa perilaku masyarakat Banjarmasin lebih ke perilaku konsumtif. Nah ini yang perlu kita waspadai," tutur Machli.


Adanya tiga trend penyakit yang membahayakan tersebut. Tentunya Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin telah melakukan upaya meningkatkan kesehatan masyarakat melalui Gerakan Masyarakat (Germas) dengan memberikan edukasi kepada masyarakat.


"Upaya yang kita lakukan, tentu merubah perilaku hidup masyarakat. Melalui strategi yang kita gunakan yakni Edukasi Tanpa Henti (Eduti) dan Germas itu primadonanya," terangnya.


Lanjutnya, "Jadi Germas itu dengan 12 strategi pendekatan, yaitu melaksanakan 12 standar pelayanan minimal yang menjadi hak masyarakat. Itulah yang menjadi skala prioritas kami di setiap tahun untuk pemenuhan skala prioritas masyarakat."


Tentunya melalui upaya tersebut, berhasil membuat harapan hidup masyarakat di kota Banjarmasin setiap tahunnya selalu meningkat.


"Setiap tahun indeks harapan hidup kita selalu membaik," pungkasnya.


(Hamdiah)

2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua