Hari Pertama PPDB, Jalur Afirmasi dan Prestasi di SMPN 7 Banjarmasin Sudah Melebihi Target

terasbanua.com, Banjarmasin - Dimulai hari ini Senin (28/6/2021) SMP di Banjarmasin mulai membuka penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2021 jalur zonasi dan perpindahan orang tua.

Ket : Orang tua calon siswa SMPN 7 Banjarmasin menyerahkan berkas persyaratan untuk mendaftarkan anaknya

Seperti di SMPN Banjarmasin 7 sejak pagi telah menerima kedatangan orang tua yang hendak mendaftarkan anaknya ke sekolah tersebut.


Salah satunya Mawar yang hendak mendaftarkan anaknya melalui jalur perpindahan orang tua.


"Ini mendaftarkan anak jalur pindahan dari Rantau. Karena sistemnya offline, jadi harus kesini," ucap Mawar.


Hingga saat ini diakuinya tidak ada kendala yang dihadapi anaknya dalam mengikuti proses PPDB.


"Alhamdulillah lengkap aja semua, tapi tadi disuruh balik dulu untuk mengisi nilai rapor anak, nilai per semesternya," imbuhnya.


Untuk bisa mengikuti PPBD untuk jalur perpindahan orang tua, dirinya telah menyiapkan berbagai persyaratan, diantaranya surat pindah pekerjaan, nilai rapor 5 semester, kartu keluarga (KK) ijazah sementara serta surat tanda kelulusan.


Tentunya ia berharap anaknya diterima dan menjadi murid SMPN 7. Walaupun harapan untuk lolos jalur perpindahan cukup kecil, pasalnya SMPN 7 hanya menerima 5 persen saja dari kouta yang sudah ditentukan.


Sementara itu, Wakasek Kesiswaan SMPN 7 Banjarmasin, Syamsudin mengaku, pelaksanaan PPDB di SMPN 7 Banjarmasin sepanjang ini masih berjalan lancar.


Pasalnya pihaknya telah melaksanakan PPDB sesuai petunjuk teknis (Juknis) dari Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin.


"Alhamdulillah tidak ada kendala hari pertama ini, karena kita mengikuti Juknis dari Disdik Kota Banjarmasin," kata Syamsudin.


Diakui Syamsudin pada PPDB jalur afirmasi dan prestasi di SMPN 7 Banjarmasin pendaftarnya melebihi dari target yang telah ditentukan.


"Jalur perpindahan kita sediakan 5 persen kuota, dan jalur zonasi itu 60 persen. Kalau jalur prestasi akademik sebelumnya itu melebihi target," ungkapnya.


Meskipun begitu, ia sangat mengapresiasi antusian orang tua peserta didik untuk mendaftarkan anaknya di SMPN 7 Banjarmasin.


"Luar biasa, sama seperti tahun dulu banyak yang mendaftar di SMPN 7 ini," pungkasnya.


Diketahui sebagaiman juknis yang dikeluarkan oleh Disdik Kota Banjarmasin, diketahui pelaksanaan PPDB jalur zonasi dan perpindahan orang tua dilaksanakan mulai Senin hari ini hingga tanggal 30 Juni 2021.


PPDB dilaksanakan secara online dan dibagi menjadi 6 jalur. Yakni, jalur akademik, non akademik, afirmasi, zonasi dan perpindahan orang tua.


(Hamdiah)

3 tampilan0 komentar