Hari Kanker Sedunia, Pemko Bersama YKI Buka Layanan IVA Tes Gratis

terasbanua.com, Banjarmasin - Di samping fokus dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 saat ini. Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin juga turut memperhatikan penyakit mematikan lainnya seperti penyakit kanker.



Dalam momen peringatan Hari Kanker Sedunia, Pemko Banjarmasin melalui TIM Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Kelurahan (TP-PKK) Kota Banjarmasin bersama Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Banjarmasin melaksanakan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test bagi ibu rumah tangga, guna memeriksa dan mencegah kanker serviks secara gratis.


Kegiatan tersebut, Rumah Sasirangan Kreatif (RSK) yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Kebun Bunga, Banjarmasin Timur, Kamis (3/2/2022).


"Kami ucapkan selamat Hari Kanker Sedunia di tahun 2022 yang jatuh 4 Februari setiap tahun dan kita peringati satu hari lebih dahulu," ucap Ibnu seusai meninjau.


Ibnu menghimbau kepada masyarakat untuk menerapkan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) agar terhindari dari resiko kanker.


"Dengan berolahraga minimal 30 menit sehari, menghindari rokok, dan membiasakan makan makanan yang bergizi dan seimbang," ujarnya.


Pentingnya menerapkan Germas ialah untuk menyadarkan masyarakat bahwa ancaman dari penyakit kanker tersebut tidak kalah bahayanya dengan Covid-19, sehingga tetap harus diperhatikan



Maka dari itu, diharapkan dengan langkah pemeriksaan yang telah dilaksanakan, dapat menekan jumlah kasus pengidap kanker yang ada di Kota Banjarmasin.


Adapun kegiatan hari ini diikuti sebanyak 200 peserta perempuan yang sudah menikah. Pemeriksaan terhadap 200 peserta tersebut dilakukan secara bertahap. Guna menghindari terjadinya kerumunan.


Sementara itu, Ketua TP-PKK Kota Banjarmasin, Siti Wasilah mengatakan bahwa kegiatan hari ini adalah sebagai upaya dalam mendeteksi, mencegah dan memastikan perawatan terhadap para penderita kanker.


"Sesuai dengan tema tahun 2022 Close The Care Gap. Jadi bagaimana kita bersama-sama mengurangi kesenjangan dalam perawatan. Siapapun yang menjadi penderita kanker seharusnya bisa mengakses fasilitas kesehatan dalam perawatan penyakit kanker itu," papar Wasilah yang juga diamanatkan menjadi Ketua YKI Kota Banjarmasin.


Ia mengungkapkan bahwa pelayanan penyakit kanker ini bisa didapat secara gratis di seluruh pelayan Fasilitas Kesehatan (Faskes) di Banjarmasin.


"Selain kegiatan hari ini. Kalau di Banjarmasin sendiri dengan dukungan Dinkes Banjarmasin pemeriksaan IVA itu gratis di semua Puskesmas di Banjarmasin," katanya.


Ia berharap kegiatan hari ini menjadi salah satu upaya bersama dalam mencegah penyakit mematikan tersebut.


(Hamdiah)

3 tampilan0 komentar