Hari ini, 54 Ribu Dosis Vaksin Sinovac Dikabarkan Tiba di Kalsel

TERAS BANUA, BANJARMASIN - Mendapat jatah 54 ribu dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac, Kepala Dinas Kesehatan Kalsel HM Muslim mengatakan, jika vaksin tersebut dikabarkan tiba di Bandara Syamsuddin Noor pada hari ini, yakni Selasa (5/1/2021).

Vaksin Covid-19
Vaksin Covid-19

"Hari ini atau paling lambat tanggal 6, tergantung penerbangan," ujar HM Muslim.


Disaat vaksin tiba di Kalsel, Muslim menegaskan bakal sesegeranya mendistribusikan ke seluruh kabupaten dan kota, tergantung kuota masing-masing daerah.


"Tentunya bertahap. Kita telah menyusun rundown untuk dikirim ke kabupaten dan kota. Kuotanya akan diupdate terus," jelasnya.


Kendati demikian, Muslim memprioritaskan vaksin tahap pertama untuk tenaga kesehatan, yang saat ini terus berjuang merawat pasien Covid-19.


Hingga kini, Muslim mengakui sudah melakukan estimasi terhadap seluruh tenaga kesehatan sekitar 30 ribuan yang terhimpun sebanyak 400 lebih fasilitas kesehatan yang ada di Kalsel.


Sekadar diketahui, meski pemerintah pusat telah mendistribusikan vaksin, kendati sejauh ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) belum mengeluarkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) terkait dengan vaksin tersebut.


Kepala BPOM, Penny K Lukito mengatakan vaksin diberikan izin khusus distribusi lantaran memerlukan waktu untuk sampai ke luar daerah. “EUA masih berproses, tapi vaksin sudah diberikan izin khusus untuk didistribusikan karena membutuhkan waktu untuk sampai ke seluruh daerah target di Indonesia,” kata Penny dikutip dari Antaranews.


(Ri)

4 tampilan0 komentar