Hari Disabilitas Internasional, Pemko Komitmen Jadikan Banjarmasin Kota Inklusi Ramah Disabilitas

terasbanua.com, Banjarmasin - Ratusan peyandang disabilitas yang ada di Kota Banjarmasin diundang ke Balai Kota Banjarmasin, Rabu (1/12/2021) pagi.

ersama-sama dengan Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin, para peyandang disabilitas berhadir dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tahun 2021 yang jatuh setiap tanggal 3 Desember.


Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mrngungkapkan bahwa selama ini Pemko Banjarmasin terus berusaha memberikan perhatian kepada penyandang disabilitas. Diantaranya ialah berkomitmen untuk menjadikan Kota Banjarmasin sebagai kota inklusi. Tentunya selalu melibatkan para penyandang disabilitas dalam berbagai kegiatan perencanaan pembangunan kota.


"Agar Kota Banjarmasin menjadi kota inklusi dan kota milik bersama dan tidak boleh siapapun yang tertinggal. Jadi ini kesempatan kita untuk lebih peduli," ucap seusia acara.


Lebih jauh, Ibnu menuturkan bahwa dalam pembangunan infrastruktur untuk yang ramah disabilitas di Kota Banjarmasin sudah mulai banyak dihadirkan.


Contohnya seperti adanya sekolah inklusi untuk pendidikan SD dan SMP. Kemudian,  layanan publik terutama kantor perizinan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Banjarmasin, Kecamatan dan Instansi Pemerintah lainnya juga saat ini telah didesain untuk memudahkan para penyandang disabilitas dalam mengurus berbagai keperluan.


"Seperti ada ram bagi difabel, ada petunjuk arah dari tulisan braille dan lainnya. Agar mereka yang seorang disabilitas mudah mendapatkan pelayanan sendiri. Sejauh ini sudah di akomodir di Kota Banjarmasin," jelasnya.


Turut membanggakan kota Banjarmasin sendiri termasuk dari 10 kota inklusi yang ada di Indonesia. Tentunya komitmen Pemko Banjarmasin selama ini telah tercapai sesuai yang telah diharapkan.


Sementara itu, Slamet (40), Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Banjarmasin, merasa senang karena selama ini Pemko Banjarmasin telah memperhatikan pihaknya sebagai penyandang disabilitas.


Dimana sekarang ini, berbagai pembangunan infastruktur kota Banjarmasin bisa dinikmati para penyadang disabilitas.


"Alhamdulillah makin kesini kami bisa rasakan manfaatnya dalam pembangunan kota Banjarmasin," tuturnya.


Ia berharap dalam momentum peringatan HDI ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat tentang disabilitas, menghilangkan stigma terhadap penyandang disabilitas dan memberikan dukungan untuk meningkatkan kemandirian dan kesamaan hak penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan di tengah masyarakat.


"Kepada masyarakat umum mari bersama-sama untuk memahami tentang apa disabilitas dan bagaimana berinteraksi dengan dan kami sama dengan masyarakat pada umumnya," tutupnya.


(Hamdiah)

9 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua