• Krisna

Hargai Cabai Bertahan Tinggi, Kini Mencapai 100 Ribu Per Kilogram

terasbanua.com, Banjarmasin - Harga cabai di Banjarmasin masih belum menunjukkan tanda-tanda akan turun. Di pasaran cabai bertahan dengan harga yang cukup tinggi, menembus harga Rp.100.000 per kilogram.

Pedagang Cabai di Sentra Pasar Antasari.
Pedagang Cabai di Sentra Pasar Antasari.

Kondisi kenaikan harga ini diketahui semenjak cuaca buruk dan banjir besar yang menimpa Kalimantan Selatan pada Januari lalu.


Diduga karena cuaca buruk dan banjir tersebut membuat penurunan tingkat produksi dan gangguan terhadap distribusi cabai.


"Harga cabai mulai naik dikisaran Rp.100.000 semenjak bencana banjir melanda," terang salah satu pedagang cabai di Sentra Pasar Antasari, Aulia. Selasa (9/3/2021).


"Padahal normalnya berada harga dikisaran Rp.40.000," lanjutnya.


Bagi Aulia, dampak dari kenaikan harga ini yang sangat dirasakan pada penjualan, yang mana biasanya pembeli datang untuk membeli 1 kg kini hanya setengahnya saja.


"Dampaknya, pembeli yang biasa datang membeli cabai sampai 1 kg, kini hanya membeli setengahnya saja," ucap Aulia.


Padahal menurut Aulia, ia mengungkapkan stok permintaan dari pulau Jawa dan Sumatera, terbilang mencukupi semenjak banjir besar sudah mulai surut, namun kenaikan tersebut bertahan hingga sampai saat ini.


"Stok pasokan dari Pulau Jawa dan Sumatera terbilang sudah cukup mencukupi, tapi kami para pedagang cabai yang ada disini masih belum tau apa yang menyebabkan harga cabai masih bertahan tinggi," ungkapnya.


Ia berharap kenaikan harga cabai hingga mencapai kisaran Rp. 100.000 ini segera turun dan kembali normal.


"Semoga hargai cabai yang masih tinggi ini dapat kembali normal diharga yang mudah dijangkau oleh masyarakat," pungkasnya.


(Krisna)

0 tampilan0 komentar