Harga Minyak Goreng Ditetapkan 14 Ribu Rupiah, Disperdagin Akui di Pasar Tradisional Masih Tinggi

terasbanua.com, Banjarmasin - Sejak tanggal 19 Januari 2022 lalu hingga 6 bulan ke depan. Harga minyak goreng baik itu kemasan premium maupun kemasan sederhana dijual dengan harga Rp.14 ribu per liternya.


Ket foto : transaksi jual beli minyak goreng di Pasar Pekauman Banjarmasin

Hal tersebut, seiring dengan diberlakukannya kebijakan yang telah resmi dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) dalam mengatasi harga minyak goreng terus melambung tinggi beberapa waktu lalu.


Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar mengungkapkan bahwa di pasar-pasar modern di Banjarmasin telah menerapkan kebijakan tersebut.


"Kita telah meninju ke toko-toko modern dan ritel modern itu mereka telah menjual dikisaran Rp.14 ribu," ucapnya saat ditemui awak media di Lobby Balai Kota Banjarmasin, Senin (24/1/2022).


Kembali stabilnya harga minyak goreng saat ini, Tezar sapaan akrabnya berharap kepada warga untuk tidak panic buying atau memborong minyak goreng dalam jumlah banyak.


Ia juga memastikan bahwa ketersediaan minyak goreng cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan warga Kota Banjarmasin.


"Karena cukup banyak ketersediaan minyak goreng baik di pasar rakyat maupun pasar modern dan ritel modern," ujarnya.


Disisi lain, ia tidak memungkiri bahwa harga minyak goreng di pasar tradisional masih belum mengikuti kebijakan baru ini.


Pasalnya, para pedagang masih menjual sisa stok minyak goreng yang ia beli dengan harga dulu yang masih tinggi. Sehingga harga minyak goreng di pasar tradisional dijual di atas Rp.14 ribu.


"Apakah mereka menghabiskan stok atau apa yang jelas kita sebagai stabilator untuk harga di Kota Banjarmasin. Kita sudah menyampaikan bahwa kewajiban mereka untuk menjual minyak goreng disekitaran Rp.14 ribu," terangnya.


Pihaknya juga sudah mulai melakukan sosialisasi mengenai kebijakan baru ini kepada para pedagang minyak goreng di pasar-pasar tradisional agar harga jual minyak goreng merata di harga Rp.14 ribu.


Sementara itu, ia membeberkan bahwa besok, (25/1/2022) akan mengelar pasar murah di dua lokasi dengan menjual sebanyak 1.200 liter minyak goreng.


"Besok pagi di halaman Kelurahan Tanjung Pagar dan di Bawah Jembatan Basirih Selatan," bebernya.


Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa di awal Januari lalu pihaknya telah dapat bantuan minyak goreng sebanyak 1.200 dari PT Sime Darby Oil.


"Kurang lebih satu minggu ini kita akan mengelontorkan kurang lebih 2.400 liter minyak goreng di 4 titik," bebernya.


Tentunya pelaksanaan pasar murah ini merupakan salah satu langkah Pemko Banjarmasin dalam menekan tingginya harga minyak goreng di pasar-pasar.


(Hamdiah)

4 tampilan0 komentar