• Krisna

Hanya Dengan Memotong Kabel, Pelaku Beraksi Mencuri Sepeda Motor

terasbanua.com, Banjarmasin - Pelaku pencurian motor berinisial RM (22) warga Jalan Sungai Jingah Kecamatan Banjarmasin Utara dan F (18) Jalan Semangat Bakti Kabupaten Barito Kuala sebagai penadahnya berhasil diringkus oleh Unit Buser Polsek Banjarmasin Utara.

Pelaku dan penadah ditahan di ruang tahanan Polsek Banjarmasin Utara. Foto Krisna

Hal tersebut diungkapkan dalam press rilis di Mapolsek Banjarmasin Utara, kedua pelaku tersebut dihadirkan langsung oleh petugas dihadapan media pada Selasa (10/8/2021) pagi.


Kapolsek Banjarmasin Utara Kompol Indra Agung Perdana Putra didampingi Kanit Reskrim Polsek Banjarmasin Utara Ipda Wisnu Prasetyo mengatakan bahwa pelaku RM sudah melakukan aksinya di dua tempat berbeda yaitu di Sungai Jingah dan Sultan Adam.


Pelaku pertama melakukan aksinya pada Jumat (4/8/2021) sekitar pukul 02.30 Wita di Jalan Sungai Jingah RT 7 Kecamatan Banjarmasin Utara. Dari aksi tersebut ia berhasil mencuri satu unit sepeda motor jenis Honda Vario. Lalu selang waktu sekitar dua jam kemudian, ia kembali berhasil mencuri sepeda motor jenis Mio J.


"Modus pelaku adalah dengan memotong dan menyambungkan kabel dari motor yang kemudian digunakan untuk menghidupkan mesin motor tanpa kunci. Cara tersebut dia pelajari dari kakaknya yang bekerja di bengkel," jelas Kapolsek Banjarmasin Utara Kompol Indra Agung Perdana Putra.


Diterangkan oleh Kapolsek Banjarmasin Utara, bahwa pelaku melakukan aksi tersebut sendirian. Sebelum melancarkan aksinya pelaku terlebih dahulu memantau motor yang hendak dicuri dan mencari motor mana yang tidak mengunci stang.


"Setelah memantau, jika ada kesempatan dia langsung melancarkan aksinya tidak sampai sepuluh menit," terangnya.


Menerima adanya laporan masuk mengenai curanmor di wilayah hukumnya, Polsek Banjarmasin Utara pun langsung bergerak cepat melakukan proses penyelidikan dan berhasil mengamankan pelaku di Kota Banjarbaru. Senin (9/8/2021) lalu.


Setelah itu dilakukan pendalaman terhadap tersangka untuk menemukan tempat penadah dimana dia menjual motor motor curian tersebut.


"Karena pelaku sempat melawan dengan berusaha melarikan diri saat diminta mengarahkan ke penadah, terpaksa petugas memberikan tindakan tegas dan terukur terhadap tersangka," ungkap Kapolsek Banjarmasin Utara.


Selanjutnya, petugas pun berhasil mengamankan penadah dari motor motor curian tersebut yaitu F. Dari rumah penadah ditemukan sejumlah barang bukti berupa dua unit motor milik para korban.


"Selanjutnya kedua pelaku tersebut beserta barang bukti kami amankan ke Mapolsek Banjarmasin Utara guna proses hukum lebih lanjut," tuturnya.


Atas perbuatannya yang nekat melanggar hukum. Pelaku curanmor RM terancam dikenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan hukuman 7 tahun dan sang penadah F terancam hukuman 4 tahun penjara seperti pada pasal 480 KUHP tentang pertolongan kejahatan atau tadah.


(Krisna)

13 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua