• Krisna

Hampir Sebulan Banjir Masih Menggenangi Batola, Relawan Terus Distribusikan Bantuan Kemanusiaan

terasbanua.com, Barito Kuala - Meskipun bertahap mulai surut, namun banjir masih menggenangi beberapa daerah di Kalimantan Selatan, diantaranya adalah Barito Kuala yang hampir sebulan sudah digenangi oleh banjir.

Relawan saat antarkan bantuan kemanusiaan di Desa Sampurna dan Desa Bahandang, Kecamatan Jajangkit, Kabupaten Barito Kuala.

Bantuan kemanusiaan untuk korban banjir di Kalimantan Selatan masih perlu untuk terus didistribusikan, kendati medan yang berat tidak menyurutkan niat baik dan semangat relawan dalam mendistribusikan bantuan.


Sabtu (6/2/2021) Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (UMB) bersama Tim Relawan Punggawa Banua menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada warga terdampak banjir di dua desa yaitu Desa Sampurna dan Desa Bahandang, Kecamatan Jajangkit, Kabupaten Barito Kuala.


Dimana untuk masuk ke Desa Bahandang hanya bisa ditempuh melalui sungai menggunakan kelotok sebagai cara satu-satunya agar para relawan dapat sampai disana.


Surya, Koordinator Relawan Mahasiswa UMB dan Tim Relawan Punggawa Banua mengatakan bantuan kemanusiaan tersebut didapat dari donasi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Ibu Mety pegawai kantor Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Barito Kuala dan Donatur lain dari berbagai kalangan masyarakat dan tempat yang peduli dengan warga yang terdampak banjir.


"Bantuan yang dikirim berupa paket sembako, bubur bayi dan pakaian pria dan wanita," ucap Surya.


"Untuk paket sembako berisi beras, minyak goreng, bumbu dapur instan, ada juga sabun mandi, shampo, sabun mandi dan pasta gigi. Kami juga menyalurkan sedikit obat obatan seperti minyak kayu putih dan salep kulit untuk para penyintas banjir," tambahnya.


Ia mengungkapkan kondisi kedua desa tersebut hingga sekarang masih terendam banjir, Desa Bahandang cuma satu rumah yang sudah kering, sedangkan Desa Sampurna cuma tiga rumah yang sudah kering, selebihnya baik di desa Bahandang dan desa Sampurna semua rumah, gedung sekolah dan tempat ibadah masih digenangi air.


"Rata-rata ketinggian air di kedua desa masih setinggi betis bahkan ada yang sampai selutut lebih orang dewasa atau lebih dari setengah meter, hingga air menggenang sampai masuk ke dalam rumah warga," ungkapnya.


Ia menerangkan tujuan kegiatan sosial pembagian sembako ini untuk meringankan beban warga yang terdampak banjir, maka dari itu pembagian dilakukan dengan langsung mendatangi lokasi banjir.


"Warga tetap harus selalu waspada dan berhati hati, semoga bantuan ini bisa meringankan beban dan bermanfaat bagi warga yang terdampak," terang koordinator aksi kemanusiaan tersebut.


Para tim relawan disambut oleh perangkat Desa yaitu untuk Perangkat Desa Bahandang, Sulis dan Perangkat Desa Sampurna, Junai yang kemudian bantuan langsung di distribusikan kepada warganya.


(Krisna)

134 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua