Hampir Habis, Dinkes Kembali Usulkan Tambahan Vaksin

terasbanua.com, Banjarmasin - Vaksin jenis Sinovac ditahap kedua dengan sasaran lanjut usia dan pelayan publik kini hanya tersisa 726 vial atau sebanyak 7.260 dosis.

Hal tersebut diungkapkan langsung Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi.


"Tentunya dalam kurun waktu satu bulan ini perhitungan kami akan habis jumlah vaksin yang tersisa," ucap Machli kepada awak media saat ditemui di Balai Kota Banjarmasin, Senin (7/6/2021).


Dari prediksi tersebut, pihaknya juga berniat akan kembali mengusulkan pertambahan vaksin asal Cina ini sesuai dengan kebutuhannya nanti.


"Kita usulkan tambahan vaksin sesuai dengan kebutuhan paling tidak 500 vial," tuturnya.


Sebelumnya, vaksin yang diterima pada tahap kedua baik itu di termin pertama dan termin kedua total keseluruhannya sebanyak 11.533 vial.


"Pada termin pertama itu sebanyak 2.528 vial dan termin kedua 9.005 vial. Dengan total keseluruhan itu 11.533 vial. Dalam kurun waktu tiga bulan jadi sekarang sisanya 726 vial saja lagi," paparnya.


Diakui Machli hingga saat ini sasaran utama pihaknya tetaplah pra lansia dan lansia. Mengingat capaian vaksinasi pada lansia masih jauh dari yang telah ditargetkan. Sehingga pihaknya meminta generasi muda untuk  ikut membantu Pemerintah Kota Banjarmasin agar bisa meraih pencapaian yang masih kurang tersebut.


"Ya generasi muda yakni yang berumur 18-49 untuk berkenan membantu kita membawa lansia. 1 orang anak muda wajib membawa pra lansia atau lansia terserah saja nanti kita vaksin," harapnya.


Selain itu, menurut Machli pemanfaatan sosial media dalam sosialisasi dan edukasi vaksinasi terhadap masyarakat luas tentulah strategi bagus dalam mencapai target vaksinasi.


(Hamdiah)

11 tampilan0 komentar