Hadapi Gelombang Ketiga Covid-19, Pemko Banjarmasin Lakukan Percepatan Vaksinasi

terasbanua.com, Banjarmasin - Tidak hanya terjadi di Kota Banjarmasin saja, lonjakan tajam kasus Covid-19 juga terjadi di beberapa wilayah di Indonesia saat ini.



Secara tidak langsung, kondisi tersebut pun menunjukkan bahwa Indonesia telah memasuki gelombang ketiga pandemi Covid-19 yang mana varian baru Omicron saat ini menjadi perhatian serius pemerintah dalam menanggulanginya.


Menanggapi hal tersebut, seiring dengan Instruksi Presiden Joko Widodo melalui Rapat Koordinasi Nasional secara virtual di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota Banjarmasin, Senin (7/2/2022).


Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina akan melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi di tengah masyarakat Banjarmasin dalam menghadapi gelombang ketiga ini.


Tentunya hal tersebut, bertujuan untuk mengurangi resiko terjadinya penularan virus Covid-19 terutama varian Omicron yang cukup meresahkan saat ini.


"Sesuai arahan ada dua penekanan tadi yaitu percepatan vaksinasi dan pengetatan protokol kesehatan," ungkap Ibnu Sina kepada awak media.


Sejauh ini pelaksanaan vaksinasi terus gencar dilaksanakan pihaknya kepada masyarakat. Baik itu, vaksinasi kepada masyarakat umum, lanjut usia (lansia) maupun anak.


Adapun hingga saat ini, data capaian vaksinasi keseluruhan sudah diangka 84 persen, 49 sekian persen vaksinasi lansia dan vaksinasi anak baru 3 persen.


Mengingat vaksinasi anak baru saja gencar dilakukan setelah mendapat Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) dalam pelaksanaanya.


"Langkah-langkah ini segera kita laksanakan untuk percepatan, karena dari data riset tadi yang terkonfirmasi Omicron itu hampir 65 persen penderita yang belum lengkap vaksin. Minimal sudah vaksin kedua," terangnya.


Dalam percepatan vaksinasi ini, ia pastikan ketersediaan stok vaksin aman dan siap untuk memenuhi kebutuhan nanti. Pasalnya vaksin tambahan yang telah diajukan Dinkes sebelumnya sudah datang.


"Sinovac ada 31 ribu. Kemudian vaksin booster baik itu AstraZaneca maupun Pfizer juga," tuturnya.


Dalam percepatan vaksinasi di tengah masyarakat saat ini. Tentu ia meminta dukungan seluruh pihak baik itu Dinkes Kota Banjarmasin, TNI-Polri, Satpol PP terutama masyarakat Kota Banjarmasin untuk ikut menyukseskan program pemerintah tersebut dalam menghadapi gelombang ketiga.


(Hamdiah)

4 tampilan0 komentar