• Krisna

Hadapi Demo Susulan KPK Dilemahkan, Polresta Banjarmasin Siapkan Penjagaan Ketat

terasbanua.com, Banjarmasin - Waktu 1x24 jam yang diberikan oleh ratusan mahasiswa saat aksi demo dugaan pelemahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (21/6/2021) lalu, telah habis.

Dok Senin (21/6/2021). Foto Krisna
Dok Senin (21/6/2021). Foto Krisna

Kini Kamis (24/6/2021) ratusan mahasiswa akan kembali menggelar aksi demo susulan ke Gedung DPRD Kalsel dengan masa yang diperkirakan lebih banyak.


Menanggapi aksi susulan tersebut, Polresta Banjarmasin juga telah menyiapkan pengamanan yang lebih ketat dari sebelumnya untuk menjaga aksi susulan tersebut.


Rencana aksi susulan ini akan digelar siang hari ini. Berdasarkan pantauan di lapangan, petugas gabungan sudah melakukan apel pada pukul 10.00 Wita di depan gedung DPRD Kalsel guna mempersiapkan penjagaannya.


Polresta Banjarmasin dibantu oleh pasukan dari Polda Kalsel, Kodim 1007/Banjarmasin dan sejumlah jajaran polres terdiri dari Polres Tanah Laut, Polres Batola, Polres Banjarbaru, dan Polres Banjar.


Untuk diketahui, aksi ini adalah salah satu bentuk dukungan para mahasiswa terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal tersebut karena dinilai oleh mereka bahwa saat ini mereka menilai KPK sedang dilemahkan, terutama melalui Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).


Tuntutan utama dalam aksi ini, adalah agar Presiden Joko Widodo menurunkan Firli Bahuri dari Ketua KPK serta menuntut transparansi mengenai kejelasan standarisasi indikator merah dan hijau tes TWK itu serta Badan Kepegawaian Nasional (BKN). 


Dan dalam salah satu tuntutannya, mereka juga meminta kepada DPRD Kalsel untuk memberikan tindak lanjut tuntutan berupa bukti tanda terima dan dokumentasi foto dan video di kantor staf presiden dalam waktu 1x24 jam sejak di tanda tangani.


Mereka memberikan waktu 1x24 jam kepada DPRD Kalsel dan jika tuntutan mereka tidak sampai ke Presiden Joko Widodo, mereka kembali akan melakukan aksi serupa, bahkan dengan jumlah massa yang akan bergabung juga bisa lebih banyak lagi.


(Krisna)

2 tampilan0 komentar