Gencar Dilakukan, Warga Pinggiran Jadi Sasaran Percepatan Vaksinasi

terasbanua.com, Banjarmasin - Dalam rangka percepatan vaksinasi di tengah masyarakat. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin mengelar vaksinasi dengan menyasar warga pinggiran yang ada di Kota Banjarmasin.

Bekerja sama dengan Kamar Dagang Industri (Kadin) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), dan asosiasi lainnya. Kegiatan vaksinasi digelar Mesjid Kuin Kacil di Jalan Kuin Kacil, Banjarmasin Selatan.


"Alhamdulillah ini sebagai kolaborasi untuk membangun herd immunity di Banjarmasin. Dimana para pelaku usaha juga ikut serta bertanggung jawab dalam memulihkan kondisi pandemi ini," ucap Kepala Dinkes Kota Banjarmasin, Machli Riyadi kepada awak media, Kamis (18/11/2021).


Machli menuturkan bahwa kegiatan vaksinasi ini merupakan bagian dari strategi pihaknya untuk mengejar target vaksinasi di penghujung tahun 2021 ini yang masih belum mencapai target 80 persen.


"Kita mendekatkan pelayanan ke tengah-tengah masyarakat karena memang Kuin Kacil ini jauh dari Kota," tuturnya.


Tidak hanya itu, pihaknya juga melakukan vaksinasi jemput bola atau door to door ke rumah-rumah warga bagi mereka yang tidak bisa berhadir ke lokasi kegiatan vaksinasi. Terutama pada lanjut usia (lansia)


Machli menyebutkan bahwa kegiatan vaksinasi ini diperuntukkan untuk masyarakat umum di Kuin Kancil dengan target sebanyak 200 orang.


Tentunya selain menerapkan protokol kesehatan, bervaksin juga merupakan upaya dalam menanggulangi penyebaran virus Covid-19. Sehingga penting bagi masyarakat untuk melakukan vaksinasi.


Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Properti Kadin Kalsel, Roy Ghani Syahril mengatakan bahwa kegiatan ini tentu bertujuan untuk mendorong program pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19.


"Kita berharap masyarakat terutama yang dipinggiran Banjarmasin bisa tercover dalam hal vaksinasi. Kasihan juga mereka harus datang ke tengah kota, lalu butuh transportasi biaya dan lainnya sehingga tertunda-tunda untuk vaksinasinya," ujarnya.


Dalam kegiatan vaksinasi ini, pihaknya juga menyiapkan bingkisan berupa sembako kepada warga yang telah ikut bervaksin.


"Agar mereka bersemangat ikut bervaksin," pungkasnya.


Sebelumnya, kegiatan serupa juga telah dilakukan pihaknya di beberapa Kabupaten/Kota Kalsel seperti Kabupaten Banjar, Kabupaten Batola Kabupaten Tapin, dan lainnya.


(Hamdiah)

2 tampilan0 komentar