Gedung RSUD Sultan Suriansyah Alami Retak, Dinas PUPR Pastikan Keretakan Tak Membahayakan

terasbanua.com, Banjarmasin - Adanya laporan keretakan dinding lantai 4 di gedung RSUD Sultan Suriansyah Banjarmasin baru-baru ini.



Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina pun langsung menginstruksi kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin melakukan pengecekan pada keretakan dinding yang terjadi.


"Segera cek untuk mengetahui retaknya sampai mana. Kemudian kalau hanya dinding saja itu aman saja tapi kalau sudah kena struktur itu sudah membahayakan," ucapnya kepada awak media, Jumat (27/5/2022).


"Kita tunggu saja hasil evaluasinya," imbuhnya lagi.


Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Agus Suyatno mengatakan bahwa dari hasil evaluasi bersama para ahli konstruksi bangunan. Keretakan yang terjadi di gedung tersebut dipastikan aman.


"Kami sudah cek langsung, itu hanya retakan biasa terjadi pada gedung," ungkapnya saat dikonfirmasi Jumat (27/5/2022).


Terjadinya keretakan gedung tersebut memiliki beberapa asumsi. Retakan terjadi bisa jadi dikarenakan getaran saat pemancangan tiang pancang pembangunan siring di tahun lalu.


Mengingat gedung rumah sakit dengan kawasan Siring jaraknya cukup dekat. Sehingga getaran dari pembangunan tersebut berdampak pada gedung rumah sakit yang memiliki lantai 6 tersebut.


Kemudian asumsi kedua, keretakan tersebut hanya pada pembungkus tiang baja pada bangunan. Tentunya itu tidak berpengaruh akan kekokohan pondasi gedung.


"Jadi masyarakat tidak perlu khawatir akan hal itu," tandasnya.


Ia mengungkapkan bahwa sebelumnya, gedung rumah sakit telah dilakukan uji coba ketahanan bangunan sebelum dioperasionalkan.


Diketahui bangunan rumah sakit plat merah ini memiliki ketahanan bangunan mencapai 400 ton. Dimana standar ketahanan bangunan gedung hanya 250 ton.


"Kita sudah sangat memenuhi standar bangunan," pungkasnya.



Hamdiah

3 tampilan0 komentar