Gebyar Jumat Bervaksin, Lansia Tetap Menjadi Sasaran

terasbanua.com, Banjarmasin - Kembali gencarkan program vaksinasi untuk mengejar kekurangan yang dianggap masih jauh dari target vaksinasi di kota Banjarmasin.

Suasana kegiatan Gebyar Jumat Bervaksin di Masjid Al Jihad. Terlihat jamaah antusias mengikuti vaksinasi usai melaksanakan salat Jumat.

Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, gelar Gebyar Jumat Bervaksin di 8 Mesjid yang ada di Banjarmasin.


Salah satunya ialah Masjid Al Jihad Banjarmasin yang melaksanakan kegiatan vaksinasi pada Jumat (21/5/2021) dan dipantau langsung Kepala Dinkes Kota Banjarmasin, Machli Riyadi.


"Kegiatan vaksinasi ini merupakan suntikan kedua setelah kemarin kita laksanakan pada saat bulan puasa ramadan," ucapnya di sela-sela dirinya memantau pelaksanaan vaksinasi oleh petugas kesehatan.


Sama halnya dengan yang sebelumnya, lanjut usia (lansia) merupakan sasaran utama pihaknya, mengingat target vaksinasi pada lansia masih rendah hingga saat ini.


Selain itu, vaksinasi ini juga menargetkan  Aparat Sipil Negara (ASN) maupun pekerja publik, untuk diberikan vaksin Covid-19 tersebut.


"Kita targetkan lansia yang ingin melakukan vaksinasi pertama maupun kedua. Tapi, bukan hanya lansia, hari ini kita juga targetkan guru, ASN, dan para pekerja publik," ungkapnya.


Satgas Covid-19 Kota Banjarmasin tersebut memaparkan, dalam Gebyar Jumat Bervaksin ini pihaknya telah menyiapkan 5 vial yakni 50 dosis setiap harinya untuk satu masjid.


"Minimal 50 yang kita target, kali 8 masjid dikali 2 kali vaksinasi. Kalau ada kekurangan nanti kami bakal minta lagi vaksinnya," tuturnya.


1000 suntikan yang diberikan kepada sasaran yang telah ditentukan merupakan target pihaknya. Dimana dalam pelaksanaan Gebyar Jumat Bervaksin ini dilakukan dua kali yakni pada tanggal 21 Mei dan 28 Mei nanti 2021 nanti.


"Harapan kita, dengan kegiatan ini, dapat mendongkrak tambahan sasaran vaksinasi," tuturnya.


Sementara itu, Pimpinan Cabang Muhammadiyah 4 Banjarmasin, Taufik Hidayat mengatakan bahwa sebelumnya sudah melakukan sosialisasi kegiatan vaksinasi ini terhadap jamaah Masjid Al-Jihad melalui sosial media.


"Kita sosialisasi lewat WA grup kepada para jamaah dan lansia, dan responnya sangat positif," ujar Taufik Hidayat.


Diresponnya dengan baik oleh jamaah terhadap kegiatan vaksinasi ini turut membuat dirinya bersyukur. Tentunya ia mendukung salah satu program pemerintah tersebut dalam upaya menanggulangi penyebaran Covid-19 di kota yang berjuluk Seribu Sungai ini.


"Ini kan yang kedua pelaksanaannya. Kami selaku masjid tentunya selalu memberikan fasilitas dan dukungan untuk jamaah kami yang melaksanakan vaksinasi ini," akhirnya.


Diketahui sebelumnya, konsep program vaksinasi yang serupa yakni "Gebyar Pekan Bervaksin" juga dilakukan pada 23 hingga 30 April lalu di sejumlah tempat ibadah.


(Hamdiah)

2 tampilan0 komentar