Gas Elpiji 3 Kg Langka, Disperdagin Banjarmasin Minta Pertamina Lakukan Operasi Pasar

terasbanua.com, Banjarmasin - Bencana banjir di Banjarmasin mulai reda. Masyarakat kembali dibebankan dengan kelangkaan gas elpiji 3 kg.

Gas elpiji 3 kg kosong di Pangkalan Adi (Jayaloka) di Jalan Veteran Pasar Kuripan Banjarmasin. Foto : Hamdiah

Selain terjadinya kelangkaan harganya pun melambung tinggi jauh di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) yang tak ayal membuat masyarakat mengeluh.


Mengenai hal itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang (Kabid) Penguatan dan Pengembangan Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar menuturkan bahwa sebelumnya sudah pernah menyampaikan permintaan operasi pasar ke Pertamina, melalui surat pertama pasca banjir.


Dari permintaan pertama tersebut diketahui sudah diakomodir di 9 titik oleh Pertamina untuk dilakukan operasi pasar gas elpiji 3 kg di agen-agennya.


"Terus kami meminta lagi 8 titik lokasi di slot yang kedua, ternyata yang baru dilaksanakan oleh Pertamina itu cuma satu, yakni di Sungai Jingah kemaren. Jadi masih ada tinggal 7 lagi," terangnya melalui sambungan WhatsApp, Kamis, (18/02/21).


Tezar mengaku, saat ini pihaknya telah menyampaikan surat kembali kepada Pertamina melalui Kasi di bidang perdagangan, untuk minta 8 titik kembali pelaksanaan operasi pasar.


"Dan itu nanti akan kita tembuskan ke Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel dengan harapan pihaknya dapat melakukan pendekatan juga dengan pihak Pertamina untuk membackup kebutuhan gas di Banjarmasin," tuturnya.


Pihaknya juga terus berupaya berkordinasi kepada Pertamina, agar bisa mengantisipasi terjadinya kelangkaan gas di Banjarmasin yang sedang terjadi kurang lebih satu pekan.


"Karena kewenangan kami dari Dinas Perdagangan, itu hanya mengkoordinasikan dengan Pertamina, bahwa di Kota Banjarmasin telah terjadi kelangkaan gas elpiji," ujarnya.


Melalui surat ketiga yang telah disampaikan ke Pertamina. Tezar berharap permintaan terkait operasi pasar bisa dilaksanakan Pertamina di wilayah-wilayah yang memang terjadi kelangkaan gas elpiji.


"Kelangkaan bukan dari Pertamina, tapi memang pasokan gasnya ini yang kurang. Ya harapan kami mudah-mudahan bisa ditindak lanjuti oleh Pertamina, melalui agen-agennya di Kota Banjarmasin," harapnya.


(Hamdiah)

1 tampilan0 komentar