Gandeng BEM Se-Kalsel, Tim PIPS Kerahkan Bantuan Ke Desa Pengaron

terasbanua.com, Banjar - PTIM PIPS Peduli Bencana Banjir Kalsel kembali menyalurkan bantuan ke Desa Pengaron Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar.

Penyerahan bantuan berupa paket sembako kepada warga terdampak banjir di Desa Pengaron
Penyerahan bantuan berupa paket sembako kepada warga terdampak banjir di Desa Pengaron

Kegiatan kali ini mengandeng semua unsur BEM Kalsel yakni BEM ULM, BEM POLIBAN Banjarmasin, BEM UMB, BEM STIKIP PGRI, BEM STEI Indonesia, dan Politeknik Hasnur.


Dalam kegiatan ini juga turut dihadiri Rektor ULM Prof. Dr. H. Sutarto Hadi dan beberapa jajaran Program Studi Pendidikan IPS.


Bantuan yang diserahkan berupa paket sembako sebanyak 250 paket yang disalurkan, terdiri dari gula, garam, beras, minyak goreng, mie instan dan dua dus rendang kemfood. Bantuan diserahkan secara simbolis kepada 5 perwakilan warga yang berhadir dalam penyerahan bantuan yang bertempat di depan Kantor Desa Pengaron.


Bantuan yang diserahkan sendiri merupakan kumpulan dari donasi. Sehingga dana yang diterkumpul mencapai 269 juta.


Setelah selesai menyerahkan bantuan secara simbolis. Kemudian dilanjutkan penyerahan langsung dengan mendatangi ke rumah-rumah warga setempat.


Warmansyah Abbas M.Pd selaku Koordinator Program Studi Pendidikan IPS mengungkapkan bahwa penyaluran bantuan ini dilakukan sejak yang 17 Januari hingga  28 Februari 2021 yang mana  penyerahan bantuan terakhir diserahkan di desa Pengaron.


Tentunya dari kegiatan positif ini ada beberapa poin penting yang bisa diambil mahasiswa dan dipelajari.


"3 hal yang menjadi pion penting dalam kegiatan ini. Pertama adalah untuk membangun diri mahasiswa sendiri, dalam Keempatian, memperaktekkan ilmu-ilmu sosial yang dipelajari dalam perkuliahan, dan bagaimana pun mahasiswa itu ada untuk masyarakat," ucap Warmansyah.


Penyerahan bantuan ini turut disambut baik dan antusias dari masyarakat Pengaron. Mengingat dalam situasi ini bantuan sangat dibutuhkan.


"Dengan adanya bantuan ini dapat meringankan beban yang kami rasakan karena banjir yang melanda tempat tinggal kami. Perekonomian masih dalam masa pemulihan, ketika banjir kemarin rumah saya terendam hingga atap rumah," ujar Husnah, salah satu penerima bantuan.


Sebagai informasi, Desa Pengaron merupakan salah satu desa yang terdampak banjir paling parah di Kabupaten Banjar. Kawasan ini Terendam dengan airnya mencapai 3 meter. Atas bencana banjir tersebut sebanyak 1300 warga yang terdampak yang terdiri dari 813 kepala keluarga.


(Hamdiah)

2 tampilan0 komentar