Gaji Nakes Kontrak Belum Cair Hingga 4 Bulan, Ini Alasannya

terasbanua.com, Banjarmasin - Gaji tenaga kesehatan kontrak di 26 puskesmas belum menerima gaji sejak 4 bulan terakhir.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi menjelaskan bahwa belum adanya pencairan gaji tersebut karena petunjuk teknis baru turun sehingga proses pencairan sedikit lamban.


Selain itu, juknis tersebut harus disesuaikan dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang baru dan proses penginputan dilakukan secara keseluruhan baik itu gaji dan program kegiatan Dinkes Banjarmasin. Sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam pencairan.


Diketahui gaji nakes kontrak bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) yang dikuncurkan oleh pemerintah pusat melalui anggaran pendapatan belanja negara (APBN).


"Siapa yang ingin memperkerjakan orang tanpa gaji. Tapi karena gajinya bersumber dari APBN tidak serta merta mudah, pasti ada penginputan dan sistemnya disesuaikan. Sehingga perlu waktu" terang Machli, Selasa (18/5/2021).


Machli juga menuturkan permasalahan ini tidak hanya dirasakan Dinkes Banjarmasin saja, tapi juga seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Selatan juga mengalami penundaan gaji nakes kontrak.


"Tidak hanya Banjarmasin tapi seluruh kabupaten/kota juga bermasalah dan persoalannya juta sama," imbuhnya.


Sebelumnya pihaknya sudah mengajukan ke Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Banjarmasin untuk pembayaran gaji nakes kontrak dan ditargetkan minggu-minggu ini gaji tersebut sudah diterima nakes kontrak.


Nakes kontrak yang bekerja tersebar di 26 puskemas di Banjarmasin yang berjumlah 74 orang.


"Insya Allah secepatnya, kami juga sudah minta Bakeuda. Paling lambat itu hari Rabu kita targetnya sudah terbayar," pungkasnya.


(Hamdiah)

12 tampilan0 komentar