Gaji dan THR Guru PPPK Dipertanyakan, Ibnu : Ada Mekanisme yang Mengatur Pencairan

terasbanua.com, Banjarmasin - Menanggapi persoalan gaji guru PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak) di bulan April yang dianggap belum dibayarkan.



Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina menjelaskan bahwa ada mekanisme yang mengatur untuk pencairan gaji para guru PPPK.


"Ini hanya soal aturan," ucap Ibnu Sina, Senin (16/5/2022).


Menurutnya, sejauh ini Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin telah berkomitmen serius untuk memperhatikan tenaga pendidikan di Kota Banjarmasin.


Dengan mengusahakan para guru-guru honorer untuk melakukan pengangkatan sebagai PPPK, agar kesejahteraan terjamin.


"Jangan diragukan lah komitmen Pemko, apalagi kita paling banyak menerima. Sejak awal itu sekitar 1. 339 formasi yang kita minta di pusat," terangnya.


Adapun mengenai Tunjangan Hari Raya (THR) bagi guru PPPK yang dipertanyakan. Ia menjawab bahwa pencairan THR tidak bisa dilakukan bagi guru PPPK yang baru menerima Surat Keputusan (SK).


"Ada aturannya, daerah-daerah yang memberikan THR itu pun pengangkatannya Maret sedangkan kita April," tuturnya.


Dirinya menegaskan bahwa Pemko Banjarmasin bukan menghindari pembayaran THR untuk guru PPPK. Melainkan semata-mata mengikuti aturan yang berlaku.


Sementara itu, secara terpisah Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman menjelaskan sesuai Surat Perintah Melaksanakan Tugas (SPMT) guru PPPK yang rata-rata diterima di bulan April. Sehingga gaji pertama dibayarkan pada bulan selanjutnya yakni awal bulan Mei.


"Karena di 28 April SPMT diterima jadi mereka mendapatkan gaji pertama di bulan selanjutnya. Tidak mungkin langsung dibayar bulan April, jadi tanggal 1 Mei baru dibayarkan," imbuhnya.


Sama halnya dengan THR, guru PPPK yang baru menerima SPMT atau SK tidak bisa begitu saja menerima.


Pasalnya, berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengenai THR dan gaji 13 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022 bahwa acuan perhitungan untuk pemberian THR itu gaji bulan sebelumnya.


"Karena mereka belum dapat gaji di bulan April artinya mereka tidak dapat THR. Mengingat gaji pertama mereka bulan Mei," tandasnya.


Kalaupun nanti dibanding-bandingkan dengan daerah lainnya para PPPK sudah menerima gaji sejak April dan THR. Ia menegaskan bahwa setiap daerah itu SK pengangkatan berbeda-beda waktunya, sehingga tidak bisa di sama ratakan.


Adapun mengenai gaji bulan Mei ini, ia mengungkapkan bahwa sudah sampai pada tahap pemberkasan.


Sedangkan untuk di bulan April lanjutnya, guru PPPK tetap menerima gaji yang telah diberikan melalui sumber anggaran bos daerah.


"Sudah dipersiapkan," pungkasnya.


(Hamdiah)

1 tampilan0 komentar