• Krisna

Gagalkan Peredaran Narkoba, Jhoon Lee Cs Tangkap Tiga Pelaku Dalam Satu Hari

terasbanua.com, Amuntai - Satresnarkoba Polresta Hulu Sungai Utara (HSU) alias Jhon Lee Cs kembali berhasil mengagalkan peredaran narkotika dengan mengungkapkan dua kasus narkotika di wilayah hukumnya.

Dari pengungkapan tersebut, petugas berhasil menangkap tiga orang pelaku berinisial ER (38), warga Desa Murung B Kecamatan Hantakan, IIL (27) warga Desa Rangas Kecamatan Batang Alai Selatan, dan MJ (38) warga Desa Layuh Kecamatan Batu Benawa HST.


"Ketiga warga HST tersebut ditangkap setelah kedapatan memiliki paketan sabu di tempat yang berbeda," ucap Kasat Resnarkoba, AKP Lamris Manurung melalui Kasubsi PIMD Humas Polres HST, Aipda M Husaini.


Dijelaskan oleh Aipda M Husaini, penangkapan berawal dari informasi dari masyarakat bahwa di Desa Rangas sering terjadi transaksi narkotika jenis sabu.


"Mendapat informasi tersebut, langsung kami lakukan proses penyelidikan dan berhasil mengamankan dua tersangka yaitu ER (38) dan IIL (27)," terangnya.


Kedua pelaku tersebut berhasil diringkus pada Kamis (25/11/2021) sekitar pukul 00.15 Wita di Desa Rangas Rt. 003 Rw. 001 Kecamatan Batang Alai Selatan (BAS), tepatnya di rumah yang ditempati IIL.


"Saat dilakukan penggeledahan, petugas berhasil menemukan sejumlah barang bukti dari pelaku," tuturnya.


Rincian barang bukti tersebut antara lain berupa 1 paket yang diduga narkotika jenis sabu sabu dengan berat bruto 0,28 gram dengan berat bersih 0,08 gram, 1 buah handphone merk Oppo warna hitam, 1 unit sepeda motor merk Honda CBR warna merah, 1 buah dompet warna coklat dan uang tunai sebesar Rp 2.480.000 yang disita dari ER.


Dari pelaku IIL, ditemukan barang bukti berupa 1 buah pipet yang terbuat dari kaca warna bening yang didalamnya diiduga terdapat sisanarkotika jenis sabu, 1 buah alat hisap bong yang terbuat dari botol plastik lengkap dengan sedotannya, 1 buah handphone merk Iphone warna Rosegold dan 1 buah korek api gas warna biru.


Selain itu, tak berselang lama dari penangkapan ER dan IIL. Petugas kembali menangkap pelaku berinisial MJ (38) warga Desa Layuh Kecamatan Batu Benawa HST pada sebuah pondok.


MJ diringkus di Jl. Pangkalan Nasri Rt. 001 Rw. 001 Desa Layuh Kecamatan Batu Benawa HST, tepatnya di pondok milik pelaku sekitar jam 02.00 Wita.


"Penangkapan MJ  juga salah satu hasil proses penyelidikan dari informasi masyarakat bahwa di Desa Layuh sering terjadi peredaran narkotika jenis sabu," ungkapnya.


Pada saat dilakukan penggeledahan berhasil menemukan barang bukti berupa 5 paket yang diduga narkotika jenis sabu-sabu dengan berat bruto 1.31 gram dengan berat bersih 0,41 gram, 1 buah buah plastik klip warna bening, 1 pak plastik klip warna bening merk C-tik, 1 buah handphone merk Samsung warna hitam, 1 buah dompet warna coklat dan uang tunai sebesar Rp 300 ribu.


Atas perbuatannya, ketiga pelaku terancam dipidana sesuai dengan yang diatur dalam Pasal 114 Ayat (1) Sub 112 Ayat (1) Sub 132 UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.


"Ketiga pelaku beserta barang bukti selanjutnya kami amankan ke Polres HST untuk proses hukum lebih lanjut," pungkasnya.


(Krisna)

1 tampilan0 komentar