• Krisna

Gagal Kabur Saat Beraksi, Pembobol Alfamart Ditangkap

teraabanua.com, Banjarmasin - Minimarket Alfamart di Jalan HKSN Amd Permai Kelurahan Alalak Selatan Kecamatan Banjarmasin Utara dibobol pencuri Kamis pagi (7/7/2021) sekitar pukul 07.15 Wita.

Pelaku menggasak 118 bungkus rokok berbagai merk dan uang tunai 29 juta rupiah lebih.


Dijelaskan oleh Kapolsek Banjarmasin Utara Kompol Indra Agung Permana Putra, aksi pencuri tersebut gagal ketika pada saat itu datang salah seorang pegawai membuka toko dan melihat kondisi toko berhamburan.


Kemudian ia terkejut mendengar ada suara berisik di lantai 2, curiga dengan kejadian tersebut ia pun langsung keluar lagi dan kemudian menutup pintu roling door yang selanjutnya langsung menelpon temannya yang merupakan korban dan pegawai lainnya.


Setelah orang yang ditelpon datang, dengan dibantu warga sekitar merekapun berusaha mencari pelaku bersama anggota Polsek Banjarmasin Utara di sekitaran Toko Alfamart.


"Setelah dilakukan proses pencarian, pelaku ditemukan sedang bersembunyi di samping toko Alfamart di dapur toko meubel," jelasnya.


"Untuk sementara diketahui pelaku hanya satu orang," tambahnya.


Dari pelaku ditemukan sejumlah barang bukti antara lain 118 bungkus rokok berbagai merk, uang tunai sebesar Rp. 29.010.000, satu buah mesin grinder, satu buah palu, satu utas tali jemuran, satu buah linggis, satu buah PDA (scanner), satu buah DVR, dua buah tang, dua buah obeng, dan dua buah modem.


Kapolsek Banjarmasin Utara menjelaskan cara mencuri pelaku. Dari caranya mencuri, pelaku seakan sudah menguasai medan. Ia juga mengungkapkan bahwa pelaku sudah mempersiapkan pencurian sejak malam sebelum aksi tersebut.


"Pelaku masuk melalui atas pintu warnet dan membawa peralatan gerinda. Kemudian ia masuk kedalam pintu atas Alfamart dan langsung menuju ke pusat CCTV untuk memutus kabel kabelnya, lalu pelaku mengambil barang barang berupa rokok serta uang tunai yang ada di brankas milik Alfamart," terang Kompol Indra Agung Permana Putra.


"Malamnya pelaku sudah mempersiapkan peralatan dan pintarnya setelah masuk pelaku langsung merusak CCTV baru beraksi mengambil rokok dan membobol brankas," lanjutnya.


Identitas pelaku seorang pria berusia 39 tahun berinisial AS. Ia seorang warga Alalak Tengah Kelurahan Alalak tengah Kecamatan Banjarmasin Utara.


Pelaku tersebut ternyata sehari harinya berkerja sebagai Teknisi Brankas PT. Sentral Mega Perdana (Jl.A. Yani km.4,5 Banjarmasin).


"Berdasarkan keterangan pelaku, motifnya sampai melakukan pencurian tersebut karena terlilit banyak utang hingga sekitar Rp 20.000.000," ungkap Kapolsek Banjarmasin Utara.


Atas perbuatannya yang melanggar hukum, kini pelaku ditahan dan harus mempertanggung jawabkan perbuatannya sesuai pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan.


"Sekarang pelaku beserta barang bukti sudah diamankan ke Polsek Banjarmasin Utara guna proses hukum lebih lanjut," pungkasnya.


(Krisna)

57 tampilan0 komentar