Fenomena La Nina, GMNI Ingatkan Warga Waspada

terasbanua.com, Banjarmasin - Fenomena pemanasan global menjadi fokus perhatian dunia saat ini. Efek dari pemanasan global yaitu terjadinya ketidakpastian cuaca seperti fenomena La Nina dan El Nino ini.

Peristiwa banjir yang melanda Kota Banjarmasin pada awal tahun 2021 lalu. Dok terasbanua.com.

BMKG memprediksi curah hujan yang berlebih (La Nina) akan terjadi pada akhir tahun 2021 sampai dengan bulan februari 2022.


Kepala Bidang Politik dan Hukum Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kota Banjarmasin Bung Yudha Pratama.S.H. mengingatkan kepada semua elemen masyarakat Kota Banjarmasin untuk antisipasi perubahan cuaca ini.


“Kota Banjarmasin yang wilayahnya banyak dikelilingi sungai besar tentunya harus menjadi fokus bersama, bukan hanya pemerintah kota dan stakeholder yang terkait tetapi juga masyarakat Kota Banjarmasin harus bersiap menghadapi segala kemungkinan yang terjadi," ucap Yudha.


Menurut Yudha Pratama, pengalaman banjir pada awal tahun 2021 harus kita jadikan pembelajaran, jangan sampai Kota Banjarmasin sebagai pusat perekonomian Kal-Sel lumpuh dan akan menyebabkan kerugian materil dan non materil yang banyak, sehingga upaya mitigasi bencana banjir harus lebih di siapkan baik dari kota banjarmasin maupun wilayah sekitar (hulu).


Sebab kata dia, bencana banjir merupakan bencana yang bisa diprediksi maka upaya mitigasi harus dilakukan secara dini pula.


(Sf)

52 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua