FASI XI Tingkat Nasional 2022 di Palembang Resmi Dibuka, Kalsel Targetkan Juara Umum

terasbanua.com, Palembang - Secara resmi Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) ke XI tingkat nasional tahun 2022 dibuka oleh Ketua Badan Pembina BKPRMI Pusat, Komjen Pol (Purn) Syafrudin di Gedung Main Dinning Hall, kawasan Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (25/3/2022) pagi.



Pembuka kegiatan ini ditandai dengan penekanan tombol sirine yang dilakukan bersama dengan Wakil Gubernur Sumsel, H Mawardi Yahya, Ketua DPP BKPRMI H Said Aldi Al Indrus, Ketua DPW BKPRMI Sumsel, H Firdaus, dan Ust Das’ad Latief.


Sebelumnya, dilakukan defile oleh 28 kontingen FASI ke XI se-Indonesia, termasuk Kafilah Provinsi Kalimantan Selatan yang kompak dengan seragam berwana kuning dan kain sasirangan, serta turut didampingi oleh sejumlah pelatih, pendamping dan official.


Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Yahya menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada panitia yang telah melakukan berbagai persiapan hingga terlaksananya FASI ke XI tingkat nasional tahun ini.


Pemerintah Provinsi Sumsel melalui DPW BKPRMI Sumsel, katanya akan memberikan hadiah berupa 1 unit kendaraan operasional bagi DPW BKPRMI yang berhasil meraih sebagai juara umum.


Selain Pemprov Sumatera Selatan, tambahan hadiah berupa umroh juga akan diberikan oleh Ketua Dewan Pembina DPP BKPRMI, Komjen Pol (purn) Syafrudin, kepada para pemenang di setiap cabang lomba.


Sementara, Komjen Pol (purn), Syafrudin, mantan Wakapolri RI,turut menyampaikan apresiasi kepada pihak penyelenggara. Dan berharap, melalui FASI yang menurutnya sebagai miniatur MTQ, dapat melahirkan kualitas santri dan ustad-ustadzah di seluruh Indonesia.


Hal senada disampaikan Ketua DPP BKPRMI, H Said Aldi Al Idrus, melalui FASI ini katanya, diharapkan dapat mewujudkan masyarakat yang shaleh, dengan dimulai dari pembinaan generasi shaleh menjadi generasi unggulan yang penuh dengan implementasi nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.


Pembukaan FASI ke XI tingkat nasional tahun 2022 ini, turut dihadiri langsung oleh Ketua Umum DPW BKPRMI Provinsi Kalsel, Drs H Hermansyah, MM, didampingi oleh Ketua Harian BKPRMI Kalsel Fahrurazi, dan sejumlah pengurus lainnya serta para pendamping dan official yang ikut terlibat dalam pelaksanaan FASI ke XI di Sumatera Selatan.


Hermansyah berharap, FASI tingkat nasional ini dapat diikuti dengan sebaik-baiknya bagi kafilah FASI Kalsel. Dan, Ia pun berharap dapat memberikan hasil terbaik bagi banua.


“Kami juga berharap Kalsel kembali bisa mempertahankan sebagai juara umum dalam gelaran FASI ke sebelas tingkat nasional, kami mohon doa kepada masyarakat Kalimantan Selatan untuk kesuksesan kafilah FASI Kalsel,” pinta Hermansyah.


Sebelumnya pada tahun 2017 lalu, di FASI Nasional ke X, Kalimantan Selatan menjadi tuan rumah hingga berhasil meraih juara umum untuk kedua kalinya, sebelumnya sukses menggondol tropy bergilir juara umum di FASI ke IX di Prov. Jawa Barat.


Di FASI ke XI tahun 2022 ini, Kalsel menurunkan sebanyak 41 peserta yang akan mengikuti di 19 jenis lomba dengan 34 kategori kejuaraan pada jenjang TKA, TPA dan TQA.


Sekadar diketahui, FASI sendiri merupakan pagelaran lomba kreatifitas santri berprestasi baik santri Taman Kanak-Kanak Al Quran (TKA), Taman Pendidikan Al quran (TPA) dan santri Ta’limul Qur’an Lil Aulad (TQA).


FASI merupakan event lomba 3 tahunan yang diselenggarakan oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-kanak Al Quran dan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Mesjid Indonesia (LPPTKA-BKPRMI).


Seyogyanya, FASI ke XI dilaksanakan pada tahun 2020, namun karena adanya Pandemi Covid-19, perhelatanya tertunda hingga bisa dilaksanakan di tahun 2022 ini.


Propinsi Sumatera Selatan, menjadi tuan rumah FASI ke XI tingkat Nasional dan di FASI tahun ini diikuti sebanyak 28 DPW se Indonesia, dan dimeriahkan sebanyak 2.216 santri peserta lomba, official, pendamping dan penggembira.


FASI ke XI tingkat nasional tahun 2022 ini, berlangsung sejak 24 hingga 27 Maret 2022. Semua kegiatan lomba dilaksanakan di Kawasan Sport City Jakabaring di Kota Palembang.


(Rilis/Hamdiah)

6 tampilan0 komentar