Fantatis! Banjarmasin Miliki Potensi PAD Hingga 1 Triliun

terasbanua.com, Banjarmasin - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin terus mengali potensi pajak untuk menaikkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).



Dengan mengoptimalkan potensi yang ada, Badan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BKPAD) Kota Banjarmasin berusaha menargetkan kenaikan angka PAD di setiap tahunnya.


"Kenaikan memang perlu bertahap,dikisaran 5 persen pertahunnya," ucap Kepala BKPAD Kota Banjarmasin, Edy Wibowo, Jumat (6/5/2022).


Untuk bisa mencapai target tersebut, pihaknya pun saat ini lebih fokus untuk mengoptimalkan upaya dalam pencapaian target PAD tersebut.


Apalagi lanjutnya, di Kalimantan Selatan (Kalsel) sendiri memiliki potensi PAD yang cukup besar itu berada di Kota Banjarmasin.


Maka dari itu, saat ini pihaknya telah mempersiapkan regulasi sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 1 tentang pembukuan keuangan pemerintah daerah.


"InsyaAllah ke depannya kita bisalah meningkatkan PAD kita," tuturnya.


Bahkan menurutnya data yang dimiliki KPK potensi PAD Kota Banjarmasin sendiri mampu berada di angka satu triliun.


Namun untuk PAD saat ini, masih berada di angka 448 miliyar jauh dari potensi tersebut. Maka dari itu, untuk meningkatkan PAD di tahun yang akan datang. Perlu kerja keras dan kesolidan tim agar target peningkatan PAD bisa tercapai.


Diketahui, adanya 2.800 wajib pajak yang dimiliki oleh BKPAD Kota Banjarmasin. Dari jumlah tersebut sektor hotel dan restoran menjadi sumber penghasilan pajak terbesar.


"Dari sinilah kita persiapkan langkah dalam mendongkrak potensi PAD," ujarnya.


Ia pun berharap dengan upaya yang akan diambil, bisa mengoptimalkan peningkatan PAD agar peningkatan mutu bisa terlaksana.


Tentunya dengan harapan akan berdampak pada pembangunan daerah melalui APBD yang didapat akan meningkatnya PAD nantinya.


(Hamdiah)

0 tampilan0 komentar