Enam Kabupaten Kalsel Dilanda Banjir, Banjarmasin Aman Namun Tetap Siaga

terasbanua.com, Banjarmasin - Dua hari terakhir bencana banjir tengah melanda di beberapa wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, Fahruraji. Foto Hamdiah.

Adapun wilayah Kalsel yang sedang dilanda banjir saat ini yaitu Kabupaten Banjar, Kabupaten Balangan, Kabupaten Tabalong, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Utara, dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang terparah dibanding lainnya terdampak banjir.


Menurut informasi, penyebab ke enam kabupaten tersebut dilanda banjir karena intensitas hujan beberapa hari terakhir tinggi hingga air sungai meluap.


Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, Fahruraji mengatakan bahwa kondisi kota Banjarmasin saat ini masih aman.


Menurutnya yang perlu diwaspadai itu saat terjadi bencana banjir di Kabupaten tetangga seperti Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Laut.


Mengingat bencana banjir yang terjadi awal tahun lalu sebagai besar karena banjir kiriman dari dua Kabupaten tersebut.


"Tadi malam terjadi banjir daerah Pengaron. Sempat terjadi peningkatan debit air dan kita kontrol di sungai Martapura. Alhamdulillah masih aman-aman saja," ucapnya saat ditemui awak media, Senin (29/11/2021).


Pasalnya kalau hanya insentitas hujan tinggi dan air laut saja yang pasang, maka kecil sekali terjadinya bencana banjir di kota berjuluk Seribu Sungai ini.


"Dua daerah itu tolak ukur yang perlu sangat kita waspadai, karena pengalaman kita kemarin seperti itu," ujarnya.


Adapun untuk persiapan personel dalam menghadapi bencana banjir, jika terjadi nanti telah dipersiapkan pihaknya.


"Tetap seperti apa yang ada yakni 26 personel kita siapkan. Tapi kita yakin karena para relawan di Banjarmasin juga siap sedia dan bahu membahu membantu jika terjadi bencana," tuturnya.


Selain itu, saat ini pihaknya juga telah mendirikan posko induk siaga bencana di samping kantor BPBD Kota Banjarmasin untuk berjaga-jaga.


Jika memang situasinya sudah terbilang darurat. Maka posko lainnya juga akan didirikan pada setiap wilayah di lima Kecamatan yang ada di Banjarmasin.


Lebih jauh, mengenai data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang sudah rilis bahwa insentitas hujan akan terus meningkat. Dimulai bulan November hingga Februari 2021 nanti.


"Kita khawatirkan sekitar Desember sampai Februari itu curah hujan terus tinggi," tuturnya.


(Hamdiah)

2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua