• Krisna

Empat Buah Rumah Hangus Terbakar Diduga Sengaja Dibakar Oleh Orang Dengan Gangguan Jiwa

TERAS BANUA, BANJARMASIN - Kebakaran menghanguskan empat buah rumah di Komplek Kejaksaan RT 08 RW 01 Kelurahan Pangeran Kecamatan Banjarmasin Utara, di belakang kampus Universitas Lambung Mangkurat (ULM) pada Senin (21/12/2020) pukul 18.58 Wita.

Kebakaran menghanguskan empat buah rumah di Komplek Kejaksaan RT 08 RW 01 Kelurahan Pangeran Kecamatan Banjarmasin Utara
Kebakaran menghanguskan empat buah rumah di Komplek Kejaksaan RT 08 RW 01 Kelurahan Pangeran Kecamatan Banjarmasin Utara

Akses jalan yang hanya titian kayu membuat pemadam kebakaran dan tim emergency gabungan Kota Banjarmasin kesulitan untuk menjangkau lokasi kebakaran.


Api bisa dikuasai sekitar 30 menit kemudian dengan bantuan para relawan yang datang ke lokasi kebakaran dan kebakaran bisa dikuasai sepenuhnya.


Kepala BPBD Kota Banjarmasin H.M. Hilmi mengatakan empat buah rumah tersebut adalah milik Mama Fizi terbakar 100 persen, rumah milik Mama Nabil terbakar 100 persen, rumah milik Fizi terbakar 100 persen, dan rumah Alfian terbakar sebagian.


"Tidak ada korban jiwa namun total kerugian materi akibat kejadian kebakaran ini diperkirakan mencapai kurang lebih Rp. 148.000.000," ucap Hilmi.


Nur Laila, seorang saksi mata tetangga dari rumah yang terbakar mengungkapkan, penyebab kebakaran diduga akibat ulah orang dengan gangguan jiwa yang sengaja membakar rumahnya sendiri.


"Saat Magrib itu dia mengamuk semua barang habis dia pecahkan, setelah itu dia keluar rumah dan tak berapa lama dia pulang lagi, dia sudah biasa mengamuk," ungkap Nur Laila.


"Kemudian saat saya masuk ke rumah mau ngambil air wudhu, saya merasa tiba-tiba panas, saat dilihat keluar, tau-tau api sudah jadi besar dan membakar rumah tersebut," tambahnya.


Orang dengan gangguan jiwa ini sudah sering mengamuk, bahkan sebelum kejadian kebakaran sorenya dia sempat berniat membakar Masjid namun gagal.


Saat dikonfirmasi kepada Ketua RT 08, Ardian, dia membenarkan bahwa terduga pelaku pembakaran memiliki gangguan kejiwaan.


"Yang bersangkutan memang sudah lama ada gangguan jiwa," ucap Ketua RT 08 membenarkan.


Sementara, Kepolisian Sektor Banjarmasin Utara masih melakukan proses penyelidikan kasus kebakaran tersebut.


(Krisna)

87 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua