Elpiji Subsidi Naik Seribu, Pemko Tegaskan SE Wali Kota Banjarmasin Kepada Pemilik Pangkalan

terasbanua.com, Banjarmasin - Harga Eceran Tertinggi (HET) gas elpiji subsidi 3 kilogram di Kota Banjarmasin resmi naik menjadi Rp. 18.500 ribu per buahnya.



Seiring dengan Surat Edaran (SE) Wali Kota Banjarmasin yang telah diedarkan pada seluruh pemilik pangkalan gas elpiji yang ada di Banjarmasin.


"Kebijakan ini meneruskan Instruksi dari Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi melalui surat pertanggal 25 Maret 2022 yang berisikan perintah kepada pemerintah daerah untuk melakukan pengawasan pengunaan gas elpiji di daerah," ucap Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, Doyo Pundjadi, Kamis (12/5/2022).


Mengenai hal itu, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin pun mulai melakukan edukasi dan sosialisasi mengenai SE Wali Kota Banjarmasin kepada seluruh pemilik pangkalan dan memastikan bahwa kebijakan itu sudah diterapkan.


Kalaupun nanti ada ditemukan pangkalan nakal yang mempermainkan harga gas subsidi ini kepada masyarakat atau menjual kepada yang bukan menjadi sasaran atau haknya.


Maka Pemko Banjarmasin tidak segan akan memberi sanksi mulai dari skors pengoprasionalan pangkalan hingga pencabutan izin usaha.


"Mungkin sebulan di stop sampai pemilik merasa keliru dan tidak mengulangi dengan membuat surat perjanjian. Tapi ketika masih begitu maka tidak segan kita cabut izinnya," tandasnya.


Diakuinya memang masih ada beberapa pangkalan gas elpiji yang nakal. Dari jumlah pangkalan gas elpiji yang ada di Banjarmasin, sekarang ini sudah ada sekitar 627 pangkalan.


"Masih 50 - 50, namun perlu diingat elpiji subsidi bukan barang dagang tetapi barang pengawasan atau dalam penugasan. Makanya distribusi gas elpiji diawasi dengan ketat agar tepat sasaran," pungkasnya.



Hamdiah

9 tampilan0 komentar