Edukasi Masyarakat Soal Hoax, Dinas Kominfotik Banjarmasin Gelar Sosialisasi FKDM

terasbanua.com, Banjarmasin - Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Banjarmasin menggelar sosialisasi kepada Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dengan tema, "Menangkal Berita HOAX," di Aula Kayuh Baimbai Balaikota Banjarmasin, Rabu (9/3/2022).



Kegiatan sosialisasi tersebut di buka langsung oleh Kepala Dinas Kominfotik Kota Banjarmasin, Windiasti Kartika didampingi sejumlah Narasumber diantaranya Kepala Badan Kesbangpol Kota Banjarmasin, Kasman, Kabag Binmas Polresta Banjarmasin, AKP Sony Sulardi.


Dalam pemaparannya, Kasman mengatakan tugas dari FKDM di setiap Kabupaten maupun Kota yakni Menjaring, menampung, mengkordinasi dan mengomunikasikan data serta informasi dari masyarakat mengenai potensi ATHG.


Kemudian tugas lainnya kata Kasman yaitu memberikan laporan informasi dan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan tim kewaspadaan dini Pemerintah Daerah di daerah Kabupaten/Kota.


Sementara AKP Sony Sulardi dalam kegiatan tersebut membeberkan arti penting dalam upaya menangkal berita hoax, menurutnya hoax memiliki ciri-ciri mengandung kecemasan, permusuhan dan kebencian.


Ciri lainnya ujarnya, tidak memiliki sumber yang jelas, tidak berimbang, menyudutkan satu pihak, bermuatan fanatisme atas nama ideologi, provokatif serta manipulasi.


"Sekarang semakin banyak informasi mengenai hoax salah satu contohnya tentang sms berupa hadiah yang mengimingkan uang ratusan juta rupiah dengan cara mengirimkan link di website agar si korban tertipu," ucapnya.


Hal ini katanya, Karena kurangnya sosialisasi terhadap masyarakat mengenai berita hoax, sehingga mengakibatkan masyarakat percaya begitu saja dengan tersebut.


"Maka dari itu harus kenali berita tersebut dengan benar dan asal jangan mau mengklik website atau link yang tidak tau arahnya kemana," pungkasnya.


(Diskominfotik/Hamdiah)

5 tampilan0 komentar