Edukasi Kebakaran Kepada Anak, Damkar dan Penyelamatan Akan Datangi Sekolah

terasbanua.com, Banjarmasin - Adanya insiden kebakaran yang telah memakan korban anak-anak beberapa waktu lalu, menjadi perhatian serius berbagai pihak.



Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melalui Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Banjarmasin berencana akan mendatangi sekolah-sekolah untuk diberikan edukasi mengenai pencegahan serta penyelamatan diri saat terjadi kebakaran kepada anak-anak sekolah.


Kapan agenda kegiatan tersebut dilaksanakan, Plt Damkar dan Penyelamatan Kota Banjarmasin, Ahmad Muzaiyin menuturkan bahwa kegiatan itu masih disiapkan pihaknya dengan menyinkronkan jadwal pembelajaran di sekolah terlebih dahulu.


Mengingat sekarang ini, seluruh sekolah di bawah naungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dengan kapasitas 50 persen.


"Sekarang ini kan masih PTM 50 persen. Kalau sudah full Insya Allah akan kita coba sebelum puasa kita mulai kegiatan ini," ucapnya saat ditemui awak media dalam penyerahan bantuan korban kebakaran di Komplek Bina Brata, Selasa (8/3/2022).


Diakuinya memang ada tantangan dalam memberikan edukasi kepada anak-anak. Namun pemberian edukasi nantinya disesuaikan dengan pemahaman anak-anak di tingkatan sekolah baik itu SD, SMP maupun SMA.


"Yang penting dalam edukasi yang diberikan, kita upayakan mereka mengerti jika terjadi kebakaran apa yang harus mereka lakukan," terangnya.


Adapun pemberian edukasi di tengah masyarakat diakuinya sejauh ini sudah dilakukan secara rutin setiap tahunnya.


"Kita laksanakan sosialisasi sampai di tingkat Kelurahan maupun Kecamatan," bebernya.


Sementara itu, dari data kebakaran sepanjang tahun 2021 lalu penyebab utama terjadinya musibah kebakaran ialah korsleting listrik.


"Dari 101 kejadian baik itu kebakaran besar atau kecil penyebab utama arus pendek listrik," ungkapnya.


Maka dari itu, ia mengimbau masyarakat untuk lebih memperhatikan peralatan listrik di rumah dan selalu waspada akan musibah kebakaran.


(Hamdiah)

11 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua