• Krisna

Dua Kelurahan Zona Merah, Masyarakat Harus Mulai Gunakan Masker Standar

TERAS BANUA, BANJARMASIN - Setelah berhasil terbebas dari zona merah, dua kelurahan di Kota Banjarmasin kembali berstatus zona merah penyebaran kasus Covid-19.

Machli Riyadi, Juru Bicara GTPP Covid-19 Banjarmasin
Machli Riyadi, Juru Bicara GTPP Covid-19 Banjarmasin

Hal tersebut terlihat pada pembaharuan data penanganan Covid-19 yang disusun oleh Satgas Penanganan Covid-19 Banjarmasin, pada hari Sabtu (12/12/2020) lalu.


Juru Bicara GTPP Covid-19 Banjarmasin, Machli Riyadi mengungkapkan dua kelurahan yang berstatus zona merah tersebut adalah Kelurahan Pelambuan dan Kelurahan Pemurus Dalam.


"Kasus dua zona merah tersebut berkaitan dengan penularan dari klaster keluarga, dimana pola yang terlihat yaitu adanya konfirmasi positif Covid-19 beberapa orang sekaligus dalam suatu anggota keluarga," ucap Machli Riyadi, Senin (14/12/2020).


Ia mengungkapkan langkah yang akan diambil selanjutnya adalah dengan dilakukan screening testing dan dilanjutkan treatment jika memang positif Covid-19 langsung merujuk kepada keluarga yang ada di kelurahan tersebut.


"Selain itu selanjutnya kami juga akan melakukan edukasi kepada mereka, termasuk salah satunya tentang penggunaan masker yang standar dan tidak boleh menggunakan masker scuba," terang Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin tersebut.


Menurutnya kejadian ini juga karena kurangnya kesadaran tentang penggunaan masker yang benar pada sebagian masyarakat, seperti penggunaan masker jenis scuba yang memang tidak disarankan karena tidak sesuai standar dan ternyata masih banyak digunakan. 


(Krisna)

50 tampilan0 komentar