Drainase Tersumbat Jadi Penyebab Banjir, Ibnu Harap Warga Tidak Buang Sampah Sembarangan

terasbanua.com, Banjarmasin - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin bergerak cepat dalam penanganan bencana banjir yang melanda di beberapa wilayah di kota Banjarmasin.

Baru-baru tadi, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina menginstruksikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin untuk meninjau langsung ke lokasi yang terdampak banjir cukup parah untuk mengetahui penyebab utama air meluap ke jalan.


"Seperti Banjarmasin Utara di kawasan Hasan Basri itu masih tergenang. Sekda tadi pagi sudah kesana untuk memastikan saluran air karena begitu naik jam 9-10 malam surutnya pun harus lancar kalau tidak artinya ada saluran yang tersumbat" ucap Ibnu, Sabtu (11/12/2021).


Ia mengungkapkan bahwa seluruh Kecamatan di Banjarmasin juga telah diarahkan untuk mengontrol saluran air dan drainase. Jika terjadi sumbatan oleh sampah hingga menyebabkan air susah mengalir ke sungai, maka segeranya dibersihkan.


Diakui Ibnu untuk wilayah yang terdampak banjir yang cukup parah seperti di wilayah Banjarmasin Utara memang perlu dilakukan pencebolan beberapa ruas jalan termasuk dengan rencana pembongkaran crossing agar air yang tergenang di jalan bisa mengalir dengan lancar ke saluran air.


"Secara maraton akhir pekan ini kita lakukan penanganan bencana banjir terutama memastikan saluran air yang tidak tersumbat," tuturnya.


Ia juga meminta warga kota Banjarmasin untuk tidak membuang sampah sembarangan apalagi di saluran air. Pasalnya tanpa disadari hal tersebut dapat menyebabkan bencana banjir, selain instensitas curah hujan tinggi dan air pasang.


"Tadi waktu digali disepanjang saluran yang ada di Hasan Basri itu sampah semua. Makanya peran masyarakat juga penting dalam hal ini," tandasnya.


Berbagai pihak pun turut dikerahkan dalam penanggulang bencana banjir saat ini. Mengingat pengalaman buruk awal tahun lalu merupakan momok menakutkan yang perlu diwaspadai agar tidak terulang kembali.


Ibnu juga mengklaim bahwa di tahun ini program normalisasi sungai terus gencar dalam upaya menanggulangi bencana banjir jangka panjang. Termasuk dengan drainase-drainase yang diperbaiki dan dibersihkan.


"Ya karena di samping ini adalah fenomena alam La Nina dan banjir rob juga. Tadi malam dan kemarin itu puncaknya tapi sekarang sudah mulau turun. Mudah-mudahan bisa pulih. Mohon doanya," akhirnya.


Sementara itu, Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor menambahkan bahwa menyangkut normalisasi sungai untuk jangka panjang pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas PUPR Kota Banjarmasin dan pihak terkait untuk penataannya.


Menurutnya, ada beberapa hal terkait penyimpangan tata ruang yang terjadi di kota Banjarmasin untuk bisa dilakukan tindakan tegas. Pasalnya hal ini juga termasuk upaya Pemko Banjarmasin dalam penanganan banjir jangka panjang.


"Kita akan menata sambil melakukan pengawasan dari tiga pilar yakni seluruh lurah, Babinkamtibmas dan Babinsa untuk membantu dan berkoordinasikan terkait penyimpangan tata ruang seperti menutup saluran, membuang sampah sembarang untuk kita lakukan tindakan," tuturnya.


(Hamdiah)

2 tampilan0 komentar