• Krisna

Donor Darah Tetap Aman Saat Pandemi Dengan Menerapkan Protokol Kesehatan

TERAS BANUA, BANJARMASIN - Kehidupan di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, banyak aktivitas yang terpaksa harus tersendat dan bahkan terhenti sementara demi menekan angka penularan Covid-19.

Muhammad Taufik, Kasubag Unit Transfusi Darah PMI Kota Banjarmasin

Kendati demikian kegiatan donor darah tidak bisa sampai terhenti meski di masa pandemi sekalipun.


Hal tersebut diungkapkan oleh Kasubag Unit Transfusi Darah PMI Kota Banjarmasin, Muhammad Taufik. Ia mengatakan meski masa pandemi kebutuhan persediaan darah tidak bisa ditunda mengingat sangat diperlukan banyak orang.


"Kami unit transfusi darah di seluruh Indonesia tetap melakukan pelayanan donor darah selama 24 jam, karena kebutuhan kami tidak dapat ditunda," ucap Taufik, Senin (4/1/2021).


"Namun kami terkendala dalam pelaksanaan kegiatan donor darah di luar kantor karena akan mengumpulkan masa dan memerlukan izin, jadi kami berharap masyarakat dapat datang ke kantor PMI Kota Banjarmasin di Jalan S Parman," tambahnya.


Dijelaskan oleh Taufik, untuk pelayanan donor darah di masa pandemi seperti sekarang, PMI Kota Banjarmasin mengutamakan keamanan calon pendonor dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan.


Seperti pasien harus memakai masker, kemudian mencuci tangan terlebih dahulu, dicek suhu tubuhnya dan menjaga jarak selama menunggu di ruang tunggu yang di sediakan kemudian tinggal mengikuti prosedur donor darah seperti biasa.


"Selain itu pegawai kami pun memakai APD dalam pelayanan, kami selalu mengutamakan keamanan calon pendonor kami dengan memperhatikan protokol kesehatan, agar mereka dapat mendonor tanpa khawatir terpapar Covid-19," Ungkapnya


Selain itu ia menerangkan bahwa mendonor darah itu penting untuk semua orang karena bermanfaat bagi tubuh, seperti menggantikan darah yang kotor, mengurangi resiko penyakit jantung dan masih banyak lainnya.


(Krisna)

17 tampilan0 komentar