Ditunjuk Mendagri, Safrizal Dilantik Sebagai Penjabat Gubernur Kalsel

terasbanua.com, Banjarbaru - Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal dilantik oleh Mendagri Tito Karnavian sebagai penjabat Gubernur Kalimantan Selatan.

Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Safrizal dilantik oleh Mendagri Tito Karnavian sebagai penjabat Gubernur Kalimantan Selatan. Foto istimewa
Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Safrizal dilantik oleh Mendagri Tito Karnavian sebagai penjabat Gubernur Kalimantan Selatan. Foto istimewa

Safrizal diplot menggantikan posisi Sahbirin Noor yang kini mengakhiri masa jabatannya pada 12 Februari lalu.


Berlokasi di kantor Kemendagri di Jakarta, proses pelantikan ini digelar secara virtual dan disaksikan Forkopimda di lingkup Kalsel dengan menerapkan protokol kesehatan di Gedung Idham Chalid, Pemerintah Provinsi Kalsel.


Ditunjuknya Safrizal sebagai penjabat ini pun disebabkan adanya proses sengketa hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Konstitusi. Sehingga kepala daerah terpilih belum bisa dilantik. Tak hanya itu, situasi daerah di Kalsel mengalami bencana banjir menjadi atensi pemerintah agar bisa mempercepat mitigasi pasca bencana.


"Karena itulah salah satu faktor penunjukkan untuk menjadi penjabat Gubernur Kalsel hari ini. Untuk mempercepat mitigasi bencana, korban dibantu secara materiil dan moril," ujarnya.


Sementara itu, Kepala Bagian Otonomi Daerah Biro Pemerintahan Setdaprov Kalsel, Wira Yudha menyebut Safrizal bakal datang pada Selasa (16/2/2021). Hal ini dilakukan agar sesegeranya Penjabat Gubernur Kalsel ini bisa berkoordinasi dengan seluruh SKPD terkait jalannya pemerintahan.


Wira mengakui pelantikan Safrizal terkesan mendadak. Kendati hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kekosongan jabatan. Mengingat Plh yang sebelumnya dipegang Roy Rizali Akbar memiliki kewenangan dan tugas yang terbatas.


“Jadi dengan adanya PJ ini setidaknya tugas Gubernur sebelumnya bisa dilaksanakan," tutupnya.


(Ri)

8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua