• Krisna

Ditresnarkoba Polda Kalsel Gagalkan Peredaran 1,4 Kg Sabu Dan 1.500 Pil Ekstasi

terasbanua.com, Banjarmasin - Subdit II Ditresnarkoba Polda Kalsel ungkap peredaran besar narkotika di Kalsel. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 1,4 kilogram sabu dan 1.500 kapsul serbuk ekstasi berhasil disita dalam pengungkapan kali ini.

Dalam pengungkapan tersebut, petugas juga berhasil menangkap tiga orang pelaku antara lain berinisial IK, W, dan MR. Diketahui, Mereka bertiga diringkus di sejumlah lokasi di Banjarmasin pada Kamis 18 November lalu.


Direktur Resnarkoba Polda Kalsel Kombes Pol Tri Wahyudi melalui Kasubdit II, AKBP Isharyadi mengatakan bahwa pengungkapan kasus ini berawal dari adanya laporan masyarakat bahwa tersangka IK bakal melakukan transaksi barang terlarang.


Polisi yang sudah mengantongi ciri-ciri pelaku kemudian langsung melakukan penyelidikan. Hingga akhirnya berhasil mengamankan pelaku IKb saat melintas di Jalan Dahlia sekitar pukul 15.22 Wita.


Setelah mengamankan pelaku, petugas selanjutnya menggeledah motor yang dikendaradi pelaku. Dari penggeledahan itu ditemukan dua kresek hitam berisi enam paket sabu dan ribuan kapsul serbuk ekstasi didalam jok motor tersebut.


"Sabu yang disita seberat 1.460,15 gram dan 1.500 butir kapsul yang berisikan serbuk ekstasi berwarna kuning seberat bersih 658,90 gram," ucap AKBP Isharyadi. Selasa (23/11/2021).


Tak berhenti sampai disitu, petugas mendapatkan informasi dari IK bahwa sudah membuat janji untuk bertemu tersangka W di kawasan Jalan Komplek Cempaka Raya III.


"Kemudian pada sekitar pukul 17.00 wita polisi melakukan penangkapan terhadap pelaku lain yaitu W," terangnya.


Belum cukup, petugas terus mengembangkan kasus. Hal tersebut dilakukan untuk meringkus pelaku lainnya.


Hingga pada pukul 18.00 Wita IK bertemu dengan tersangka MR. Tempatnya tak jauh dari lokasi kedua, di kawasan Jalan Komplek Cempaka XIII.


"Saat IK menyerahkan sabu kepada MR di TKP ketiga, petugas langsung menangkapnya," ungkapnya.


Selanjutnya, ketiga tersangka beserta barang bukti diamankan guna proses dan pengembangan penyelidikan lebih lanjut.


Selain kiloan sabu dan ribuan kapsul ekstasi, polisi juga turut menyita barang bukti lainnya. Di antaranya, uang tunai jutaan rupiah, motor yang dikendarai tersangka, telepon genggam, hingga kartu ATM.


"Atas perbuatannya, ketiga pelaku disangkakan Pasal 114 ayat (2) subsider Pasal 112 ayat (2) Jo pasal 132 ayat (1) Undang-undang RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika," pungkasnya.


(Krisna)

2 tampilan0 komentar