Ditentukan Besok, Nasib Lima Komisioner Bawaslu Kalsel atas Laporan Denny Indrayana

terasbanua.com, Banjarmasin - Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel, Denny Indrayana dan Difriadi sebagaimana diketahui beberapa waktu lalu melaporkan Komisioner Bawaslu Kalsel ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Lima Komisioner Bawaslu Kalsel saat menjalani pemeriksaan DKPP beberapa waktu lalu. Foto : www.dkpp.go.id

Lembaga pengawas penyelenggara Pemilu tersebut sudah menggelar pemeriksaan atas perkara nomor : 178-PKE-DKPP/XI/2020 dan 179-PKE-DKPP/XI/2020 dengan terlapor Erna Kasypiah, Iwan Setiawan, Aries Murdiono, Azhar Ridhanie, dan Nur Kholis Majid selaku Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan.


Pemilu (DKPP) bakal menggelar sidang kode etik penyelanggara Pemilu. Sidang dengan agenda Pembacaan Putusan terhadap 15 Perkara, itu digelar di Ruang Sidang DKPP, Gedung DKPP, Jakarta Pusat, Rabu (10/2/2021) pukul 09.30 WIB. Dari 15 perkara yang akan divonis salah atau benar tersebut satu di antaranya laporan Denny Indrayana terhadap lima Komisioner Bawaslu Kalsel.

Plt. Sekretaris DKPP, Arif Ma’ruf, mengatakan semua perkara yang akan diputus telah diperiksa sebelumnya baik melalui sidang di ruang sidang DKPP Jakarta, sidang di tempat (sidang pemeriksaan di daerah), dan sidang jarak jauh melalui fasilitas video conference. 


“Sidang putusan merupakan sidang terakhir atau final dari sebuah perkara yang telah diperiksa,” kata Arif.


Dikatakannya, dalam rangka pencegahan dan penyebaran Covid-19, sidang ini akan digelar tanpa kehadiran Pengadu, Teradu, Pihak Terkait maupun pengunjung. Semua pihak dan masyarakat disebut Arif dapat menyaksikan jalannya persidangan melalui media sosial DKPP.


“Hal ini juga merupakan bentuk transparansi dari DKPP terhadap proses persidangan kode etik penyelenggara Pemilu,” jelas Arif.


(Ri)

11 tampilan0 komentar