Disiplin Prokes Warga Masih Rendah, Hasil Evaluasi PPKM Masih Banyak Warga Tak Pakai Masker

terasbanua.com, Banjarmasin - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 dalam seminggu terakhir di Banjarmasin. Tercatat sudah ada 686 warga yang terjaring razia petugas gabungan penegak disiplin protokol kesehatan (prokes).

Pada umumnya, mereka yang terjaring merupakan warga yang kedapatan tidak mengunakan masker saat keluar rumah. Mereka yang terjaring pun mendapat teguran baik itu lisan maupun tertulis. Bahkan ada juga sebagian yang mendapatkan sanksi sosial.


Melihat kondisi tersebut, tak dipungkiri Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, bahwa kepatuhan warga terhadap prokes masih sangat rendah.


Maka dari itu, pihaknya berusaha memaksimalkan sosialisasi di tengah masyarakat. Melalui petugas gabungan penegak disiplin prokes yang diturunkan ke lapangan bahwa pentingnya menerapkan prokes untuk bisa menurunkan angka kasus Covid-19 di Banjarmasin.


"Kita akui tingkat kepatuhan warga masih rendah. Kerja tiga pilar sebenarnya juga sudah maksimal di lapangan," ucapnya usai rapat evaluasi di Aula Kayuh Baimbai, Senin (3/8/2021) kemarin.


Menurutnya, kinerja petugas mengingatkan masyarakat untuk taat prokes melalui himbauan langsung di lapangan sangat efektif. Baik itu dalam bentuk pamflet, spanduk dan informasi langsung melalui pengeras suara.


"Cara-cara itu sebenarnya cukup membantu. Sehingga tiga pos utama yang ada di A.Yani KM 6, Bundaran Kayu Tangi dan Pasar Lima akan tetap kita optimalkan. Di samping itu Perwali Nomor 68 Tahun 2020 juga masih efektif kita jalankan," pungkasnya.


Sebelumnya, PPKM level IV di Banjarmasin sudah dilaksanakan sejak 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021 hingga kembali diperpanjang satu minggu lagi yakni 2 sampai 8 Agustus 2021.


(Hamdiah)

1 tampilan0 komentar